Glenn Fredly: Musik Penting bagi Pemajuan Kebudayaan (1)

0
857

Bagi pemusik Glenn Fredly, msuik tidak hanya untuk menghibur. Musik juga merupakan kekuatan untuk membangun karakter budaya dan ekonomi bangsa. Namun kekuatan musik tersebut belum dikembangkan dengan baik.

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo yang populer dipanggil Glenn Fredly adalah salah satu seniman musik Indonesia yang telah mencetak prestasi di blantika musik di tanah air.

Funk Section
foto: aroengbinang.org

Besar di lingkungan musik, sejak duduk di sekolah menengah Glenn sudah terjun ke dunia musik profesional dengan bergabung di “Funk Section” yang digawangi oleh para pemusik senior, yaitu Mus Mujiono, Yance Manusama, Inand Noorsaid, Ekka Bakti, dan Irfan Chasmala. Lepas dari sana, Glenn memutuskan bersolo karier. Seperti bintang, kariernya pun bersinar. Banyak hits yang dihasilkannya. Sebut saja “Kau”, “Cukup Sudah”, “Salam bagi Sahabat”, “Kasih Putih”, “Jemari” dan banyak lagi. Hingga 2018, ia sudah menghasilkan 10 album solo.

Tidak kurang juga 10 penghargaan bergengsi ia terima dari dunia industri musik. Ia memperoleh penghargaan tujuh kali AMI Awards, suatu penghargaan penting bagi pelaku musik di tanah air. Dari luar negeri ia meraih penghargaan Anugerah Industri Musik Malaysia untuk Kategori Album Indonesia Terbaik tahun 2000 dan Lagu Terbaik Pilihan Pendengar di Planet Musik Award, Singapura, pada tahun yang sama.

 

Disalin dari Buku Profil Penerima Anugerah Kebudayaan Tahun 2018

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR