Fasilitasi Event Diplomasi Budaya: Tong Tong Festival di Belanda

0
1154

Tong tong fair

Tong-Tong Festival merupakan kegiatan tahunan di Belanda. Kegiatan ini melibatkan berbagai seniman, penulis, dosen, dan master koki dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Sri Lanka, dan Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Festival ini diselenggarakan Yayasan Tong Tong. Acara ini menjadi event yang cukup strategis untuk menampilkan karya budaya Indonesia kepada masyarakat internasional.

Keterlibatan Indonesia dalam kegiatan ini difasilitasi oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jendera Kebudayaan, Kemdikbud dengan mengirimkan Gamelan Maestro Bali sebagai performer. Pentas seni ini menyuguhkan perpaduan musik gamelan dan gitar menjadi musik kombinasi yang baik untuk dinikmati. Pergelaran dilaksanakan dua hari dengan tiga kali pentas yaitu pada tanggal 1 – 2 Juni di panggung Bintang Theater. Tiap pentas menghabiskan waktu selama 45 menit. Selain tampilan karya budaya, dalam rangkaian kegiatan ini juga diselenggarakan workshop tentang musik Gamelan Maestro Bali.

Setiap pergelaran di saksikan kurang lebih 400 – 600 orang yang sebagian besar orang asing dan total 9.000 orang hadir setiap hari. Mereka sangat antusias menikmati hiburan seni budaya Indonesia. Diharapkan ada upaya untuk meningkatkan daya tarik pengunjung terhadap acara kesenian kebudayaan Indonesia. Kegiatan workshop pun perlu ditingkatkan agar tertanam nilai budaya bangsa Indonesia kepada para pengunjung.