Fasilitasi Event Diplomasi Budaya: The 50th Berlin Theatertreffen 2013

0
767

Berlin Theater trefen

Festival yang diselenggarakan pada tanggal 3-19 Mei 2013 ini merupakan kegiatan rutin yang telah diselenggarakan di Jerman sejak 50 tahun lalu. Festival Teater Nasional Jerman ini merupakan event yang sangat disegani. Hanya 10 kelompok teater yang dipilih untuk bisa tampil, setelah enam juri dalam setahun keliling Jerman hingga ke Swiss menyaksikan sekitar 120 pertunjukan.

Menjadi sebuah kehormatan, Indonesia diundang untuk ikut serta dalam kegiatan ini sebagai pihak yang mampu memberikan pandangan bahkan juga kritikan tentang teater. Dalam hal ini, Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya memberikan fasilitasi kepada dua orang dari Indonesia untuk hadir dalam kegiatan ini yaitu N Riantiarno dan Ratna Riantiarno. Kedua orang tersebut bergabung bersama 37 orang lainnya dari sekitar 28 negara. Selama mengikuti acara tersebut N Riantiarno dan Ratna Riantiarno menyaksikan dan membahas lakon yang dipentaskan. Selain itu, juga terlibat dalam seminar dan diskusi tentang teater bahkan menyangkut penyelenggaraan festival.

Acara 50th Berlin Theatertreffen 2013 berjalan sangat baik dan diselenggarakan dengan sangat istimewa sehingga patut ditiru.Event serupa sangat bagus untuk memajukan teater tanah air.