Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Mengundang Pelaku Budaya dalam Penentuan Festival Kebudayaan Bergengsi di Luar Negeri

0
1388
Seniman dan Budayawan dalam Rapat Penentuan Festival Kebudayaan Bergengsi di Luar Negeri
Seniman dan Budayawan dalam Rapat Penentuan Festival Kebudayaan Bergengsi di Luar Negeri

Dalam rangka meningkatkan peran dan citra Indonesia di tingkat Internasional serta untuk pemberdayaan pelaku budaya Indonesia, Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya (DINDB) sejak tahun 2013 telah menjalankan program fasilitasi.

Tahun 2015 DINDB melakukan peningkatan terhadap program fasilitasi dengan memasukan  1 (satu) kegiatan baru,  yaitu Fasilitasi Festival Kebudayaan Bergengsi di Luar Negeri. Melalui kegiatan ini diharapkan Indonesia dapat aktif untuk berpartisipasi pada festival-festival besar dunia yang dipandang strategis untuk menjadi wahana diplomasi budaya.

Tanggal 25 Maret 2015, DINDB mengundang beberapa seniman dan budayawan yang telah berpengalaman dalam festival-festival dunia untuk memberikan masukkan terkait festival bergengsi yang sebaiknya diikuti Indonesia. Kegiatan ini juga didukung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Bapak Kacung Marijan yang turut hadir dalam rapat dan menyatakan antusiasmenya karena belakangan ini diplomasi melalui kebudayaan mulai mendapat perhatian dunia.

Diskusi bersama para seniman dan praktisi kebudayaan menyepakati bahwa Indonesia melalui DINDB akan memberikan fasilitasi ke 3 (tiga) festival bergengsi di luar negeri. Untuk kelompok seni pertunjukkan, Indonesia akan mengikuti Seoul International Dance Festival di Korea Selatan dan Festival Interceltique de Lorient di Perancis. Seoul International Dance Festival merupakan festival tari besar dan bergengsi di Asia yang dipilih karena saat ini Seoul dipandang sebagai pusat kebudayaan. Sedangkan Festival Interceltique de Lorient merupakan festival seni pertunjukkan yang dipilih karena dianggap strategis untuk melaksanakan strategi-strategi diplomasi budaya Indonesia. Satu festival bergengsi lainnya yang akan diikuti oleh Indonesia adalah festival film. Untuk katergori ini ditetapkan 3 (tiga) festival bergengsi yang setiap tahun akan diikuti salah satunya, yaitu: Berlin International Film Festival, Cannes International Film Festival dan Venice Film Festival. Untuk kelompok film, pemberian fasilitasi akan menunggu hasil seleksi dari penyelenggara festival. Keikutsertaan Indonesia di satu dari 3 (tiga) festival film tersebut akan difasilitasi.

Sebagai tindak lanjut dari rapat ini adalah pembentukan tim kurator bagi masing-masing kelompok festival agar kualiatas para seniman dan karya yang akan difasilitasi tetap terjaga dan akan diadakan rapat-rapat khusus terkait hal ini.