Fasilitasi Event Diplomasi Budaya: the 8th Edition Fez Festival Of University Theatre

0
1007

The 8th Edition Fez Festival Of University Theatre
Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya melaksanakan fasilitasi event kebudayaan sebagai salah satu bentuk diplomasi budaya di Luar Negeri. Salah satu event yang difasilitasi adalah the 8th Edition Fez Festival Of University Theatre. Ini merupakan festival teater tahunan antar perguruan tinggi sedunia ke-8. Festival ini dilaksanakan di Au Complexe AL Hourria, Kota Fez, Maroko pada tanggal 1 – 8 Mei 2013. Festival kali ini diikuti tim kesenian dari tujuh negara yaitu Lebanon, Maroko, Spanyol, Indonesia, China, Kanada, dan Austria. Indonesia diwakili dua delegasi;Teater Sendratasik dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan tim kesenian dari Universitas Islam Sultan Agung (UNISLA) Semarang.



Selama festival – selain perform – seluruh tim terlibat dalam serangkaian workshop yang digelar panitia. Delegasi dari Indonesia hadir sebagai performer yang tampil Minggu 05 Mei. Tim tari dari UNISULA menyuguhkan tari Gema Nusantara yang berdurasi 15 menit. Kemudian disusul penampilan Teater Sendratasik dari UNESA yang membawakan lakon Sutaliwa, selama 45 menit.

Presiden (Rektor) Universitas Sidi Mohamed Bin Abdellah, Prof Esserrhini Farissi, sangat terkesan dan usai pementasan naik ke panggung memberi ucapan selamat dan foto bersama. Iapun mengundang tim Indonesia bertandang ke kantornya di Universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah, pada 06 Mei.Pada malam puncak festival, 07 Mei, tim Indonesia mendapat award untuk empat kategori. Masing-masing yang memperoleh penghargaan adalah Anwari sebagai Aktor Berpenampilan Terbaik, Jihan Kusuma Wardani (Aktris Berpenampilan Terbaik), Arif Hidajad (Sutradara Terbaik), dan Teater Sendratasik (Juara Umum).