Seni Rupa Sebagai Media Terapi Bagi Penyandang Disabilitas Mental

0
2116

Jakarta – Sekitar 25 penyandang disabilitas atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengikuti workshop menggambar bersama di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta, 4 Juni 2018. Peserta diberikan kebebasan menggambar di atas kertas, menggunakan cat air dengan didampingi mentor. Workshop ini berlangsung  dari tanggal  4 Juni sampai dengan 6 Juni 2018, dengan tujuan sebagai media untuk mengekspresikan diri sekaligus terapi penyembuhan bagi ODGJ.

Kurator memilih karya terbaik peserta, dan mengajak mereka untuk melukis di atas kanvas. Hasil melukis di kanvas tersebut akan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia.

Workshop menggambar bersama ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Bebas Batas yang difasilitasi Direktorat Kesenian bekerja sama dengan 5 Rumah Sakit Jiwa, yaitu:  RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta, RSJ Provinsi Bali, RSJ Bandar Lampung, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Jawa Timur, dan Dr. Soeharto Heerdjan, yang telah menerapkan seni rupa sebagai salah satu media terapi untuk penyandang disabilitas. (DK)