Kreativitas Tanpa Batas

0
929

Workshop Seni Media : Kreativitas Tanpa Batas

Cimahi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kesenian bekerja sama dengan Cimahi Creative Assosiation (CCA) menyelenggarakan pelatihan animasi di Simply Valore Hotel, Cimahi, Jawa Barat (02/05/2015). Pemerintah akan mendorong peningkatan kapasitas animator di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Seni Media, Tubagus Sukmana saat pembukaan Workshop Seni Media.

Ia menambahkan, bahwa Indonesia sendiri perlu mengejar ketertinggalan untuk mensejajarkan diri dengan negara-negara animasi dunia. ‘’Kami menggandeng CCA untuk memfasilitasi pelatihan ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan animator agar mampu bersaing dan sejajar dengan animator global’’, tutupnya.

Ketua Cimahi Creative Assosiation (CCA), Rudy Suteja mengatakan pentingnya membangun ekosistem. Hal ini sangat penting dan mendesak, sehingga setiap stakeholder industri animasi akan memainkan perannya dengan optimal. Ia menambahkan bahwa Pemerintah saat ini telah membuat kajian ekosistem industri animasi, namun perlu duduk bersama dengan seluruh stakeholder agar industri animasi berkembang cepat, mengingat potensinya yang luar biasa.

Pelatihan animasi

Pelatihan animasi diikuti oleh 24 peserta melalui seleksi fortopolio, dan dipilih berdasarkan tingkat pengalaman dan pengetahuan dalam bidang animasi. Peserta yang terdiri dari anak-anak muda ini bekerja dalam sunyi, namun memiliki jangkauan kreativitas tanpa batas. Sedangkan yang menjadi trainer pada kegiatan ini merupakan animator senior di Indonesia, yaitu Erwin Budiono, Sumanti, Masagung Darajatun, dan Esca Rizkia. Kerja sama pemerintah dengan komunitas-komunitas dibangun karena mengetahui kebutuhan, jaringan, dan pasar, sehingga kegiatan ini tepat sasaran.

Workshop Seni Media di Cimahi ini merupakan lokasi ketiga, sebelumnya Direktorat Kesenian sudah memfasilitasi pelatihan kolaborasi seni pertunjukan dengan art Digital, di Studio Banjarmili Yogyakarta, mendigitalisasi bunyi-bunyian alat dan hasil pertanian untuk menjadi seni di Jatiwangi Art Factory Majalengka, dan lokasi terakhir pelatihan 3D painting dan Street Art di Studio Hanafi Depok. (dk)