Kemdikbud Gelar Bimtek Seni Pertunjukan April 2015

0
1327

JAKARTA- Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Seni Pertunjukan 2015. Kegiatan ini akan dimulai tanggal 10 April – 16 April 2015. Peserta dari sanggar seni perwakilan seluruh Indonesia akan mengikuti rangkaian kegiatan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sama seperti tahun sebelumnya, tema bimbingan teknis seni pertunjukan tahun ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya yaitu penyutradaan dan tata panggung. Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Prof Dr Endang Caturwati mengatakan, dalam perkembangannya, seni pertunjukan memiliki beberapa peranan diantaranya sebagai media ekspresi, media komunikasi, dan media pengembangan potensi dan kreativitas.

“Seni pertunjukan, sebagai salah satu media ekspresi, memiliki peranan penting dalam penanaman nilai-nilai positif. Penanaman nilai moral melalui kesenian cukup efektif. Sebab, kesenian kemudian ikut memberikan andil dalam proses pembentukan kultur itu sendiri melalui proses internalisasi”, ujarnya.

Kegiatan inipun dinilai sebagai suatu perwujudan pelaksanaan fasilitasi dan bimbingan teknis penerapan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang seni pertunjukkan. Penyelenggaraan kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk memajukan kebudayaan nasional.

Selain sebagai penanggung jawab kegiatan, Prof Dr Endang Caturwati turut memberikan materi tata rias dan busana tari dalam kegiatan ini. Narasumber terlibat lainnya yaitu Arthur S. Nalan dalam skenariografi tari dan musik, Halim H.D dalam jejaring dan komunitas seni pertunjukan, Krisna Murti dalam multimedia, Nano Riantiarno dalam pengemasan seni pertunjukan, Ratna Riantiarno dalam kehumasan, Sonny Sumarsono dalam tata cahaya dan Subarkah dalam tata rias dan busana karakter.

Abdillah