Kemdikbud Laksanakan Gita Bahana Nusantara 2016

0
2534

JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Kesenian kembali menyelenggarakan kegiatan Gita Bahana Nusantra. Kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun dalam rangka Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini, sebelumnya dilaksanakan juga oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015.

Gita Bahana Nusantara telah terbentuk sejak tahun 2003 dan secara berkelanjutan tampil setiap tahun. Terdiri dari paduan suara dan orkestra. Dengan beranggotakan perwakilan generasi muda dari seluruh provinsi di Indonesia yang direkrut melalui proses audisi, untuk kemudian dibina dan dilatih di Jakarta.

“Gita Bahana Nusantara merupakan wadah untuk menyalurkan kreativitas generasi muda di bidang musik terkait dengan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu khas daerah. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, semangat patriotisme dan nasionalisme akan tumbuh, terutama nilai-nilai seni dan budaya,” ucap Direktur Kesenian, Prof Dr Endang Caturwati, M.S.

Melalui kegiatan ini, tambahnya, generasi muda mendapat pengalaman kebersamaan, keragaman budaya, kreativitas seni dan memberikan wawasan kebangsaan sehingga dapat mengembangkan karakter dan jati diri bangsa. Nilai-nilai yang didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari sebagai bentuk aktualisasi dalam masyarakat sehingga dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya.

Gita Bahana Nusantara merupakan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Gita Bahana Nusantara telah dilaksanakan di Hotel Twin Plaza, Jakarta. Pada rapat koordinasi ini menghasilkan perihal pelaksanaan audisi yang dilaksanakan oleh masing-masing daerah. Mulai bulan ini, audisi Paduan Suara di masing-masing daerah telah mulai bergulir, yang nantinya akan diikuti oleh audisi peserta Orkestra yang rencananya akan dilaksanakan di Plaza Insan Berprestasi, Kemdikbud dan SMKN 2 Bantul, Yogyakarta.