Gelar Tari Anak Indonesia, Upaya Penguatan Karakter Bangsa

0
1598

Jakarta – Direktorat Kesenian, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbud menyelenggarakan Pergelaran Tari Anak Indonesia sebagai upaya penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa mulai Rabu 3 Oktober hingga 5 Oktober 2018 di Panggung Kancil, Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI) TMII Jakarta.

Gelar tari yang bertajuk Tarianku Indonesiaku bertujuan untuk mendorong generasi muda agar dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitas seni terutama minat untuk lebih mengenal, memahami, dan menghargai seni tari serta sebagai media penyampaian pesan bagi pengembangan nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi di mana tarian tersebut berkembang.

‘’Kesenian selama ini dianggap sebagai tontonan saja, ternyata tidak hanya tontonan tetapi ada tuntunan bagaimana membentuk karakter tersebut lewat kesenian, salah satunya melalui gelar tari anak Indonesia ini’’, ucap Direktur Kesenian Restu Gunawan saat memberikan sambutan. Ia juga berharap anak-anak bisa mengambil manfaat dari acara ini untuk mengenali kesenian, melatih ketekunan dan kerajinan dalam berolah rasa, serta mengapresiasi karya tari yang ditampilkan.

Kasubdit Seni Pertunjukan Edi Irawan mengatakan karya yang ditampilkan peserta yakni karya tari baru berbasis tradisi bersumber dari lingkungan dalam keseharian anak di daerah masing-masing.

Sebanyak 26 karya tari dari 26 provinsi ditampilkan dalam gelar tari ini. Sebelum acara pergelaran, sudah dilaksanakan beberapa rangkaian acara antara lain seleksi karya tari secara Open Call terbatas yang menghasilkan 104 video karya tari dari 28 provinsi yang mendaftar dan terpilih 27 karya tari dari 27 provinsi tetapi Sulawesi Tengah tidak dapat mengikuti pergelaran karena adanya hambatan transportasi pasca bencana serta dilaksanakan Lokakarya bersama 27 kelompok yang diwakili Penata Tari dan Penata Musik 24-25 Agustus di Jakarta.

Dalam kegiatan ini ada tim pengamat yang memantau dan mengevaluasi penampilan peserta dari mulai konsep karya, originalitas, keterampilan, dan penghayatan sehingga nanti akan ditentukan beberapa kategori yang akan diberikan penghargaan sebagai Penata Tari Terpilih, Penata Musik Terpilih, Penata Rias dan Busana Terpilih, Penari Terpilih, dan Grup Tari Terpilih. (PED)