GALAKKAN CINTA KESENIAN DAN KEBUDAYAAN, KEMENDIKBUD GELAR FESTIVAL MUSIK TRADISI ANAK

0
1301

Menyikapi maraknya teknologi yang kian marak dewasa ini, Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar kegiatan musik bagi anak-anak bertajuk Festival Nasional Musik Tradisi 2016.

Festival  ini akan digelar di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada 22-23 April 2016 mendatang. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat, lokasi acara ini berada di tempat Sail Tomini yang digelar pada tahun 2015 lalu. Hal ini dilaksanakan sejalan dengan gagasan Presiden Joko Widodo yang meminta eks-lokasi Sail Tomini dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain di lokasi tersebut.

Sebagai penyelenggara acara, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, mengusung tema ‘Semarak Nada Indonesia’ dengan harapan agar musik tradisi dari berbagai wilayah di Indonesia mempunyai eksistensi kembali melalui sentuhan anak-anak, mengingat dalam era teknologi ini, musik tradisi mulai dilupakan.

Sekitar 400-an anak dengan kelompok usia 8-12 tahun  dari 34 provinsi di Indonesia akan meramaikan acara ini. Mereka akan membawakan lagu-lagu dari daerahnya masing-masing dengan berbagai aransemen  yang mereka ciptakan. Festival ini merupakan program yang bergulir setiap tahunnya di Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud sejak tahun 1970.

Kegiatan festival yang dilakukan ini merupakan salah satu strategi penciptaan rasa seni yang kekinian dalam mendayagunakan kekayaan dan kemajemukan musik tradisi yang sudah ada. Masyarakat, khususnya anak-anak diharapkan tidak lupa bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan seni dan budaya. Acara ini adalah bentuk pelestarian sekaligus perwujudan kecintaan terhadap tanah air.

Festival Nasional Musik Tradisi ini akan dilombakan bagi para pesertanya. Masing-masing provinsi akan mengirimkan satu kelompok untuk mewakili daerahnya. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini bersifat selebrasi namun tetap dalam pengamatan dan penilaian yang bertujuan untuk memotivasi para penampil dalam meningkatkan kualitas pertunjukan musik yang akan dimainkan di masa mendatang.

Acara ini juga melibatkan para pakar dalam bidangnya yang akan memberikan penilaian terhadap penampilan peserta, seperti Purwacaraka, Jabatin Bangun, Frans Sartono, dan Suhendi Apriyanto. Sedangkan beberapa aspek yang menjadi penilaian para pengamat tersebut antara lain meliputi originalitas dan keutuhan karya, ide dan kreativitas, serta totalitas penampilan yang dibawakan.

Selanjutnya, dari hasil pengamatan yang dilakukan, akan dipilih 5 kelompok Penyaji Terbaik, 5 orang Penata Musik Terbaik, 10 orang Penampil/ Pemain Musik Terbaik, dan 1 kelompok Favorit.

Selain bertujuan untuk mendokumentasikan dan/atau memetakan perkembangan musik tradisi di seluruh Indonesia, diharapkan kegiatan Festival Nasional Musik Tradisi 2016 ini dapat dijadikan sebagai wahana pewarisan musik tradisi, dan hiburan yang sehat, edukatif, serta bernilai kultural bagi anak-anak Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Panitia Festival Nasional Musik Tradisi 2016,
Komplek Kemendikbud Gedung E Lantai 9
Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telp.: (021) 5725046, 5725515
Email: fn.kesenian@gmail.com

Contact Person:
Bayu Hardian: (+62) 87770057777
Ai Windasari: (+62) 82116787778