Direktorat Kesenian Turut Rayakan Hari Pendidikan Nasional 2018

0
978

Jakarta– Tim Paduan Suara dan Orkestra Bina Musika ikut berpartisipasi pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2018.  Paduan suara dan orkestra tersebut membawakan lagu-lagu pada saat upacara dan lagu-lagu setelah upacara.  Lagu pada saat upacara yang dipersembahkan adalah lagu “Bagimu Negeri” ciptaan Kusbini.  Lagu ini sebagai pengiring pada saat penyematan Satya Lencana untuk pegawai negeri di lingkungan Kemdikbud yang telah mencapai masanya.  Lagu lainnya yang dibawakan saat upacara adalah lagu “Wajib Belajar”, ciptaan R.N. Sutarmas.  Lagu-lagu yang dipersembahkan Tim Bina Musika setelah upacara adalah “BAngun Pemuda Pemudi” ciptaan A. Simandjuntak, “Jasamu Guru” ciptaan Jauhari, “Kebyar-Kebyar” ciptaan Gombloh, “Indonesia Jaya” ciptaan CHaken M, lagu daerah “Bungong Jeumpa” ciptaan anonym dan “Gemu Famire” ciptaan Nyong Franco.  Satu lagu dinyanyikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diiringi oleh Tim Bina Musika, yaitu lagu “Indonesia Pusaka” ciptaan Ismail Marzuki.

Bina Musika merupakan kesatuan musik binaan Direktorat Kesenian, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbud yang terdiri dari tim paduan suara yang merupakan tim paduan suara pemenang Lomba Paduan Suara se-DKI Jakarta Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian.

Tim paduan suara tersebut terdiri dari SMA Negeri 49 Jakarta, SMA Negeri 34 Jakarta, SMA Negeri 71 Jakarta, dan SMA Negeri 3 Jakarta serta didukung oleh SMA Muhammadiyah 5 Jakarta.  Tim orkestra adalah gabungan mahasiswa dan pelajar dari Sekolah Menengah Musik Perguruan Cikini, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Taruma Negara, dan konduktor Drs. Irianto Suwondo, M.Sn. (PED)