Anak Muda Representasi Masa Depan Indonesia yang Beradab dan Berbudaya

0
2392

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan salah satu peradaban sebuah bangsa adalah tingginya cita rasa dalam berseni budaya. Hal itu disampaikannya saat konser perdana Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemdikbud, Rabu (14/08).

‘’Anda merupakan representasi masa depan Indonesia yang lebih beradab dan berbudaya’’, kata Muhadjir Effendy saat memberikan arahan di Konser Perdana GBN 2019.

Muhadjir menjelaskan, saat ini negara sedang mendukung dan mendorong berkembangnya ekonomi kreatif termasuk di bidang musik dan film. ‘’Semua keterampilan, talenta kalau dipupuk dengan baik akan punya masa depan. Saya berharap kalian semua akan menjadi maestro, konduktor, pianis, violis. Di tahun 2045 dapat menunjukkan bahwa Indonesia semakin maju, modern serta beragam’’, sambungnya.

‘’Gita Bahana Nusantara 2019 merupakan pengalaman yang luar biasa bagi adik-adik, bukan hanya berkesenian saja tetapi bisa berkumpul dalam satu entitas seluruh Indonesia. Tidak semua anak mendapatkan kesempatan ini, karena itu gunakanlah untuk bersosialiasi membangun keterampilan sosial yang semakin baik’’, tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini, Ibu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Suryan Widati, Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid dan Sesditjen Kebudayaan, Sri Hartini.

GBN angkatan ke-17 ini menampilkan 210 putera – puteri terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang direkrut melalui audisi dan pelatihan intensif sejak 1 Agustus 2019.

Usai konser perdana, Gita Bahana Nusantara akan tampil pada Acara Kenegaraan, Sidang Tahunan di gedung MPR-DPR RI dan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka. (PED)