[Press Release]

Malam Anugerah Piala Citra

Festival Film Indonesia 2020

(Jakarta, 5 Desember 2020) Festival Film Indonesia 2020 akhirnya mencapai puncaknya yaitu Malam Anugerah Piala Citra. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan penjurian, malam ini telah diumumkan pemenang Piala Citra. Total dua puluh satu kategori yang diapresiasi pada penyelenggaraan ke-40 ini. Malam Anugerah Piala Citra diselenggarakan secara virtual disiarkan secara langsung di YouTube Festival Film Indonesia dan Kemendikbud RI. Malam Anugerah Piala Citra 2020 diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Mereka  yang meramaikan Malam Anugerah adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Ketua Komite Festival Film Indonesia 2018 – 2020 Lukman Sardi, Duta Festival Film Indonesia 2020 Chicco Jerikho, Laura Basuki, Tissa Biani, pengisi acara yaitu Karina Salim, Mawar de Jongh, Aurelie Moeremans, Lyodra, Andi Rianto, Dr. Twindy Rarasati, Yayan Ruhian, Erwin Gutawa. Keseluruhan acara disutradarai oleh Jay Subiakto.

Jay Subiakto menjelaskan bahwa acara Malam Anugerah Piala Citra konsepnya terinspirasi dari pekerja film dan keadaan Indonesia terkini. “Ide saya melihat dari perkembangan selama ini dari orang-orang film. Ide pembuka terinspirasi dari akun Instagram KKFauzi yang menggambar Save of Our Cinema dengan tokoh-tokoh yang terkenal di film Indonesia. Mencerminkan kerinduan orang kembali ke bioskop. Di acara ini dihadirkan pula tokoh-tokoh dari film yang masuk nominasi seperti ‘Susi Susanti: Love All’ dan ‘The Science of Fictions’”. Selain itu menampilkan pula para pahlawan super seperti Gatot Kaca, Gundala, Wiro Sableng dan lain-lain yang juga hadir bersama dokter dan tenaga kesehatan sebagai bentuk tribut kepada mereka yang berjuang sekarang.

Selain itu ia menambahkan bahwa acara ini mematuhi protokol kesehatan, “Jumlah penonton dibatasi di area bawah dan balkon. Juga semua kursi-kursi disusun untuk berjarak 1,5 meter. Mematuhi 3 M, Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mencuci Tangan.”

Lukman Sardi selaku Ketua Komite mengatakan, “Penyelenggaraan Festival Film Indonesia 2020 tahun ini merupakan tantangan luar biasa bukan hanya dalam penyelenggaraan tapi juga jumlah film yang berkurang. Keadaan pandemi yang mempengaruhi seluruh lini kehidupan merupakan cobaan yang berat, semua pekerja film terdampak dan banyak pula pekerjaan yang terhambat maupun melambat. Namun dengan semangat yang tangguh dari semua pihak, keadaan ini jadi momentum luar biasa karena justru banyak hal yang dapat terwujud dalam bentuk empat pilar yaitu kerendahan hati, karya, inklusif, kolaborasi yang saling terhubung di setiap langkah.”

Berikut adalah pemenang Piala Citra 2020:

Kategori FFI 2020:

Film Cerita Panjang Terbaik:

Sutradara Terbaik:

Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik:

Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik:

Pengarah Sinematografi Terbaik:

Pengarah Artistik Terbaik:

Penata Efek Visual Terbaik

Penyunting Gambar Terbaik:

Penata Suara Terbaik:

Penata Musik Terbaik

Pencipta Lagu Tema Terbaik:

Penata Busana Terbaik:

Penata Rias Terbaik:

Pemeran Utama Pria Terbaik:

Pemeran Utama Perempuan Terbaik:

Pemeran Pendukung Pria Terbaik:

Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik:

Film Cerita Pendek Terbaik:

Film Dokumenter Pendek Terbaik:

 Film Dokumenter Panjang Terbaik:

Film Animasi Pendek Terbaik:

Pemenang Piala Citra ditentukan dengan voting yang dilakukan oleh member FFI yang sudah mengonfirmasikan dirinya untuk mengikuti voting pada tahun ini. Member FFI adalah mereka yang pernah dinominasikan atau menang Piala Citra sejak tahun 1955 hingga 2019.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1955, Festival Film Indonesia (FFI) digagas sebagai barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia. Melalui berbagai penghargaan yang diberikan, publik dan kalangan perfilman sendiri bisa membaca pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun terakhir.

Untuk daftar lengkap pemenang bisa didapatkan di situs resmi Festival Film Indonesia yaitu festivalfilm.id

Share This