Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)
Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)

Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir adalah salah satu program kegiatan di Lingkungan Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami menggandengan masyarakat pesisir, pelaku budaya dan pemerintah Daerah setempat. Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir telah kami laksanakan sejak tahun 2014 di Kota Pekalongan dan Tahun 2015 di Kabupaten Indramayu. Pada tahun 2016 ini kami akan melaksanakan di Kabupaten Cilacap sekitar awal bulan Oktober.

Budaya pesisir atau bahari dirasa tidak sepopuler budaya yang tumbuh di wilayah daratan. Hal ini disebabkan aktifitas tradisi budaya pesisir kurang terekspos, baik oleh media maupun para peneliti budaya. Padahal masyarakat pesisir memiliki banyak potensi budaya yang selayaknya diinformasikan kepada masyarakat luas, mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dikenal sebagai “negara bahari” karena wilayah perairannya lebih luas dibanding daratan. Pengenalan tradisi kepada masyarakat merupakan modal bagi ketahanan budaya yang dapat memperkukuh kesatuan bangsa.

Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)
Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)

Wilayah perairan menjadi fokus pembangunan pemerintahan saat ini. Kita tidak boleh lagi memunggungi laut, karena perairan menyimpan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Namun di sisi lain, pemanfaat sumber daya alam tidak boleh mengabaikan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat pesisir. Eksploitasi yang mengabaikan kearifan lokal dengan berbagai tradisi yang dimiliki oleh masyarakat pesisir kerap kali menimbulkan gesekan yang berujung pada terjadinya konflik di masyarakat.

Dalam rangka turut memelihara warisan budaya bangsa dan meningkatkan pemahaman serta apresiasi masyarakat terhadap tradisi masyarakat pesisir, kami bersama masyarakat pesisir melaksanakan rangkaian kegiatan Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir. Kegiatan ini terdiri dari seminar, berbagai lomba yang terkait dengan kehidupan keseharian masyarakt pesisir seperti menyambung jaring, perahu dayung, dan perahu hias. Selain itu, terdapat juga berbagai atraksi budaya pesisir serta Sedekah Laut sebagai wujud syukur masyarakat pesisir kepada alam dan Sang Pencipta.

Seminar Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)
Seminar Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir (Indramayu, 2015)