Dirjen KebudayaanRI Menutup Rangkaian Kegiatan Road Trip to World Culture Forum 2016

0
422

Bandung – setelah diselenggarakan selama lima hari sejak 18 April 2015, rangkaian kegiatan World Culture Forum 2016 resmi ditutup. Rangkaian kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Direktur Jenderal Kebudayaan RI, Kacung Marijan di Gedung Indonesia Merdeka, Bandung, Kamis (23/4/2015).

Dalam kata sambutannya, Kacung Marijan menyampaikan bahwa budaya merupakan hal yang teramat penting dalam kehidupan manusia. Beliau menyampaikan bahwa ada tiga pendekatan diplomatis. Yang pertama adalah pendekatan realis yang menekankan pada kekuatan militer. Kedua adalah pendekatan liberal/neo-liberal yang mengutamakan segi ekonomi, dan yang ketiga adalah pendekatan konstruktifis yang mengedepankan kekuatan ide dan budaya. Pada akhirnya, pendekatan budaya dibutuhkan dalam usaha diplomasi antar negara.

IMG_6853

Lebih lanjut, Kacung Marijan mengatakan bahwa kegiatan Road to World Culture Forum 2016 tidak hanya sebagai ajang meramaikan perhelatan Konferensi Asia Afrika ke-60, namun turut mengajak mengamalkan nilai KAA dan turut memperkuat usaha pendekatan diplomasi melalui budaya.

“Semoga rangkaian acara yang telah diselenggarakan ini tidak hanya sekedar ornamen, namun menjadi pintu mauk untuk membuat gerakan radikalisme kebudayaan.”ucap Kacung Marijan.

Artikel SebelumnyaWarga Bandung Nonton Bareng Film “Soekarno”
Artikel BerikutnyaDirektur Jenderal Kebudayaan RI Mengunjungi Komplek Galeri I Nyoman Nuarta di Bandung