Dirjen Kebudayaan Sambangi Rest Area Gunung Lemongan

0
311
Dirjen Kebudayaan dan rombongan berkunjung ke Rest Area Gunung Lemongan.

Lumajang – Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Hilmar Farid, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Gerakan Laskar Hijau yang didasarkan pada kearifan lokal. Apresiasi itu diberikan pada saat mengunjungi Rest Area Gunung Lemongan di desa Papringan, Klakah, Lumajang, Selasa, 4 Juli 2023.

Kunjungan ini tidak hanya untuk menjalin silaturahmi dengan teman lamanya, A’ak Abdullah Al-Kudus, tetapi juga untuk melihat langsung aktivitas Laskar Hijau dalam melakukan gerakan konservasi lingkungan di Gunung Lemongan.

Menurut Hilmar, gerakan konservasi lingkungan yang dilakukan oleh Laskar Hijau sejak tahun 2008 patut dijadikan contoh dan diapresiasi. Hal ini dikarenakan gerakan mereka didasarkan pada kearifan lokal. Bahkan para relawan mereka berasal dari anak-anak muda di desa-desa sekitar Gunung Lemongan.

Laskar Hijau selama ini sering menggunakan ruang seni budaya untuk mengajak masyarakat menjadi peduli terhadap lingkungan, seperti melalui acara Event Maulid Hijau, Kenduri Pohon, dan Kemah Keadilan Iklim. Bahkan, grup musik Slank pernah secara khusus datang ke Gunung Lemongan untuk menanam pohon bersama Laskar Hijau. “Laskar Hijau sangat konsisten dan berakar kuat pada tradisi lokal dalam melaksanakan gerakannya,” kata Hilmar Farid.

Kunjungan yang berlangsung dengan santai dan penuh keakraban ini diakhiri dengan makan siang di Rest Area Gunung Lemongan. Mereka menikmati hidangan lokal seperti nasi jagung, sayur pakis, jonggolan dan kelor, serta ikan nila dari Ranu Klakah.