Cerita Panjang di Balik Pekan Kebudayaan Nasional

0
232

Dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017, maka diselenggarakanlah Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI). Perhelatan yang digelar pada 5-9 Desember 2018 lalu itu berhasil menelurkan Strategi Kebudayaan dan Rencana Aksi Pemajuan Kebudayaan (RAPK). Strategi Kebudayaan menjabarkan arah pemajuan kebudayaan dalam 20 tahun mendatang dalam menjawab tantangan domestik maupun global yang dihadapi saat ini. Sedangkan RAPK telah berhasil disusun sebagai resolusi bersama seluruh peserta Kongres Kebudayaan yang menetapkan program prioritas pemajuan kebudayaan untuk dua tahun ke depan.

Ketujuh Agenda Strategis dan ketujuh Rencana Aksi Pemajuan Kebudayaan tersebut menjadi dasar perumusan kebijakan pemerintah pusat dan daerah di bidang kebudayaan. Berangkat dari tujuh Agenda Strategis dan tujuh Rencana Aksi Pemajuan Kebudayaan, dan untuk mengimplementasikan kebijakan pusat dan daerah untuk melakukan kerja budaya sebagaimana diamanatkan Undang‐Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, maka seluruh aspirasi tersebut ditegaskan dalam empat kata kunci utama, yakni: Interaksi Budaya, Keragaman Berekspresi, Budaya Inklusif, dan Platform Aksi Bersama; Beranjak dari seluruh kajian tersebut maka digagaslah sebuah kegiatan yang bernama Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Hasil ini merupakan tindak lanjut dari butir pertama Resolusi Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 yang dengan jelas menyebutkan perlunya “Melembagakan Pekan Kebudayaan Nasional sebagai platform aksi bersama yang meningkatkan interaksi kreatif antar budaya”.

PKN merupakan suatu platform aksi bersama yang diharapkan menjadi ruang interaksi seluruh unsur kebudayaan untuk menjawab tantangan dinamika kemajuan zaman dengan pemajuan kebudayaan. Merupakan upaya negara di dalam membangun wadah kerja bersama untuk melahirkan ruang-ruang keragaman berekspresi, dialog antarbudaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjenjang sejak dari desa hingga pusat.

Tepatnya sebuah perayaan akan keragaman budaya Indonesia, dengan segala bentuk variasinya dari Sabang sampai Merauke, yang telah dihimpun secara sistematik melalui dokumen-dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). Membangun kesadaran tentang keragaman yang sesungguhnya dengan pemahaman bahwa keragaman adalah aset bangsa.

Rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional bermaksud untuk memfasilitasi seluruh ekosistem kebudayaan sebagai garda terdepan dalam pemajuan kebudayaan Indonesia dengan membuka ruang dialog yang memancing inisiatif dan partisipasi publik guna melahirkan pengetahuan baru yang mendukung arah pemajuan kebudayaan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR