Cagar Budaya Bercerita Pada Kita

0
1202

Bandung-Pelestarian budaya mustahil dilakukan tanpa peran serta masyarakat. Oleh karena itu diperlukan kesadaran masyarakat agar peduli nasib cagar budaya disekitarnya. Tapi menggerakan kesadaran masyarakat bukanlah hal mudah, apalagi jika dilakukan tanpa peran serta masyarakat itu sendiri. Menyadari hal ini pemerintah mengajak komunitas di kota Bandung untuk turut mengkampanyekan pelestarian cagar budaya.

Berlokasi disalah satu bangunan cagar budaya nasional, Museum Geologi, Kemendikbud mengajak warga kota Bandung untuk ikut melestarikan cagar budaya di kotanya (24-26/9). Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan komunitas Bandung Heritage sebagai salah satu pemateri utama. Selama ini komunitas tersebut telah membantu pemerintah kota Bandung dalam mengkampanyekan pelestarian cagar budaya.

Selain itu untuk menyebarluaskan semangat melestarikan cagar budaya, turut dilibatkan komunitas penulis di kota Bandung.  Sebanyak 30 penulis bekerjasama dengan Kemdikbud menyusun buku yang diberi judul “Aku dan Cagar Budayaku”.

Kepala Seksi Dokumentasi Direktorat Pelestarian Cagar Budaya, Dewi Kurnianingsih, mengharapkan meraka menjadi corong yang membantu mengkampanyekan kesadaran. “Saat ini kami sedang berupaya mendekatkan diri pada masyarakat, mendekatkan diri pada komunitas” tegas Dewi.

Oleh karena itu, para penulis tersebut juga diberi pembekalan dan pemahaman pengenai cagar budaya dan pelestariannya.  Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi para penulis tersebut. Salah satunya Hera. Ia mengaku kesulitan di awal karena ini bukanlah objek yang dia kuasai. Ia biasanya menulis cerpen, kisah inspiratif dan puisi. Tapi setelah pembekalan dan harus melakukan riset sebelum menulis, dia jadi tahu apa itu cagar budaya.

“Saya awalnya tahunya cagar budaya itu sama dengan objek wisata, tapi rupanya lebih dari itu.” ujar Hera. Sebuah cagar budaya bukan hanya benda. Tapi ada sesuatu didalamnya yang membuatnya bernilai. “Ia bercerita pada kita”

Pelibatan komunitas dalam kampanye cagar budaya tidak selesai disini. Penguatan ekosistem di sektor pelestarian cagar budaya akan merangkul banyak komunitas baik komunitas budaya maupun lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR