YGC SANGIRAN MENGUNJUNGI MUSEUM MANUSIA PURBA KLASTER DAYU

0
543

Pada hari Minggu tanggal 18 Desember 2016, anggota YGC (Young Guardian Club) Sangiran melakukan Kunjungan Studi ke Museum Manusia Purba Klaster Dayu yang terletak di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kunjungan Studi ini merupakan bagian dari program kerja (proker) rutin YGC Sangiran. Proker rutin ini dilakukan setiap 2 (dua) minggu sekali yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Situs Sangiran bagi anggota YGC Sangiran.

Dengan menambah wawasan dan pengetahuan tentang Situs Sangiran, anggota YGC Sangiran akan semakin memahami upaya pelestarian Cagar Budaya Sangiran. Selain itu, hal ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan kecintaan terhadap Situs Sangiran. Kecintaan terhadap Situs Sangiran akan menciptakan kebanggaan bagi para anggota YGC Sangiran; bahwa mereka hidup dan berada ditengah-tengah situs prasejarah yang bukan saja menjadi milik Indonesia tetapi juga sudah menjadi milik dunia.

Guna menanamkan rasa cinta terhadap Situs Sangiran serta menambah wawasan dan pengetahuan, anggota YGC Sangiran secara rutin melaksanakan program kerjanya baik tentang Museum Sangiran dengan koleksinya, penelitian yang dilakukan, budaya di Sangiran serta promosi YGC ke sekolah-sekolah. Lebih lengkapnya, program kerja YGC Sangiran adalah: Learning di klaster-klaster dan lapangan Sangiran, Ekskavasi, Learning Fosil, Learning Gamelan, Learning Benik Baju dari Tempurung Kelapa, School Visit dan Bersih-bersih Museum.

Program kerja tersebut rutin dilaksanakan oleh YGC Sangiran, pada hari Minggu 18 Desember proker tersebut dengan mengunjungi Museum Manusia Purba Klaster Dayu. Di museum ini didapatkan pengetahuan tentang penelitian terkini, salah satunya dengan belajar dari lapisan tanah. (Ketua YGC Sangiran: Divka Arya Avekagata)

TINGGALKAN KOMENTAR