YGC SANGIRAN BELAJAR LAPISAN TANAH DI MUSEUM MUSEUM MANUSIA PURBA KLASTER DAYU

0
1258

Di museum ini anggota YGC Sangiran mendapat berbagai informasi yang disajikan melalui berbagai koleksi yang dilengkapi dengan teknologi yang menyertainya.

Di Museum ini dipaparkan tentang lapisan tanah yang mendominasi wilayah Sangiran, seperti formasi Pucangan, Notopuro, Kabuh dan juga Grenzbank. Awal masuk ke area museum, kita dapat menikmati anjungan lapisan tanah yg berisi informasi mengenai lapisan-lapisan tanah dari lapisan termuda hingga tertua. Tampilan-tampilan lapisan tanah ini dapat membawa kita untuk juga mendalami bagaimana kehidupan-kehidupan dimasa itu.

Ketiga lapisan tanah itu dijelaskan didalam anjungan yang ada di museum ini. Ketiga lapisan tanah itu adalah:

Pertama: lapisan tanah Formasi Notopuro; lapisan ini adalah lapisan tanah termuda yang terbentuk hingga 250.000 tahun yg lalu.

Kedua: lapisan tanah Formasi Kabuh; lapisan ini terbentuk sejak 250.000-730.000 tahun yg lalu.

Ketiga: lapisan tanah Grenzbank; lapisan ini terbentuk sekitar 730.000-900.000 tahun yg lalu, grenzbank adalah lapisan tanah yg berbeda dengan lapisan tanah yang lain yaitu tidak termasuk formasi (seperti formasi Notopuro, Kabuh dan Pucangan). Grenzbank lapisan tanah nya identik keras karena didominasi oleh kerikil-kerikil. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu 18 Desember 2016, anggota YGC (Young Guardian Club) Sangiran berkunjung ke Museum Manusia Purba Klaster Dayu.  (Ketua YGC Sangiran: Divka Arya Avekagata)

TINGGALKAN KOMENTAR