Tipe Homo erectus

0
819

Berdasarkan kronologinya, kehadiran Homo erectus di Sangiran mempunyai rentang waktu antara 1,5 juta hingga 0,3 juta tahun yang lalu, dengan masa evolusi lebih dari 1 juta tahun.

Analisis morfologis terhadap fosil hominid Sangiran telah mengklasifikasikan adanya 2 tingkatan evolutif, yaitu Homo erectus arkaik dari tingkatan Kala Plestosen Bawah dan Homo erectus tipik dari tingkatan Kala Plestosen Atas.

Homo erectus arkaik hidup pada 1,5 juta hingga 1 juta tahun yang lalu. Sementara keturunannya, Homo erectus tipik, hidup pada 0,9 juta hingga 0,3 juta tahun silam.

Apabila dilihat dalam lingkup yang lebih luas lagi, selama Kala Plestosen terdapat tipe Homo erectus yang lebih muda dan lebih maju dibanding dengan tipe arkaik dan tipik. Tipe ini disebut dengan Homo erectus progesif yang sementara ini belum pemah ditemukan di Sangiran, melainkan ditemukan di situs lain, yaitu Ngandong (Blora), Sambungmacan (Sragen), dan Selopuro (Ngawi). Homo erectus progesif hidup antara 200.000 sampai dengan 100.000 tahun yang lalu.

Sumber: Leaflet Sangiran The Home Land of Java Man