Terobosan Baru dalam Mengedukasi Masyarakat

1
215

Edukasi bagi masyarakat menjadi salah satu hal penting sebagai bagian dari sebuah sumbangsih bagi bangsa. BPSMP Sangiran dalam hal ini menjadi salah satu UPT yang terus berusaha ambil bagian dalam mengedukasi masyarakat tentang nilai penting Situs Sangiran. Salah cara dalam mengedukasi masyarakat adalah dengan Aplikasi Sangiran Kita yang mengandalkan kemajuan teknologi.
Aplikasi Sangiran Kita adalah aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi media pembelajaran multimedia. Media pembelajaran multimedia yang digagas pada aplikasi adalah media pembelajaran tentang kekayaan Sangiran yang perlu dipublikasikan dan dimanfaatkan masyarakat.
Iwan Setiawan Bimas,S.S selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran mengaku sangat mendukung terobosan yang dibuat oleh Reza Andrea Syahputra, S.Ds. “Pembelajaran akan jadi mudah dan menarik terutama bagi generasi muda yang sangat menggilai teknologi. Latar belakang itu membuat kami berusaha membuat terobosan baru dengan Aplikasi Sangiran Kita”, jelas Iwan.


Terobosan ini perlu terus dikembangkan agar proses pembelajaran terkait dengan peninggalan purbakala menjadi menarik. Selama ini, masih banyak pembelajaran masih melalui media-media cetak seperti buku, leaflet, booklet, maupun surat kabar. Sementara materi tentang peninggalan purbakala sangat sulit untuk dilihat langsung secara karena keterbatasan dalam mengamati cagar budaya yang harus dilindungi.
Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi tentang objek 3D tersebut, diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan peninggalan-peninggalan pubakala di Situs Sangiran yang mampu membuat pengguna tertarik untuk mempelajarinya.
Dari segi strategis, pemanfaatan alat peraga berbasis teknologi augmented reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar dan memfasilitasi keingintahuan masyarakat khususnya siswa sekolah terhadap berbagai peninggalan purbakala, khususnya yang ada di Sangiran, karena teknologi augmented reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggugah minat untuk memahami secara kongkret mengenai pengetahuan umum tentang peninggalan purbakala Situs Sangiran melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam frame augmented reality.
Masyarakat yang ingin mencoba Aplikasi Sangiran Kita dapat mengunduh di alamat:

http://bit.ly/SangirankitaVR

(WH-Reza)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR