TATV MENGGALI INFORMASI TENTANG SANGIRAN

0
768

Kedatangan tim dari TATV pada pagi hari yang cerah dilangit Sangiran di hari Senin, 18 April 2016 bertujuan untuk menggali informasi tentang Sangiran. Untuk menggali informasi ini, TATV mengambil tapping (rekaman) untuk acara talk show yang akan ditayangkan pada tanggal 3 Mei 2016 pukul 19.30. Sambutan cuaca yang cerah secerah sambutan Sukronedi, S.Si, M.A. Kepala BPSMP Sangiran yang menjadi narasumber dalam tapping untuk acara talkshow. Tapping kali ini mengambil tema tentang Pengelolaan Situs Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia yang  telah diakui oleh UNESCO. Selain Sukronedi, hadir juga Ratna Sri Panglipur, Kepala Subbagian Tata Usaha BPSMP Sangiran.

TATV di Sangiran

Tapping ini mengambil tempat di Ruang Pamer III Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan dengan berlatar belakang diorama kehidupan Homo erectus dimasa keemasannya. Dialog ini menceritakan tentang Situs Sangiran yang sudah diakui UNESCO  sebagai warisan budaya dunia. Situs Sangiran diakui sebagai warisan budaya dunia karena keistimewaannya yang mampu merekam masa purba sejak 2 juta tahun yang lalu. Keistimewaan Sangiran dikisahkan Sukronedi, S.Si, M.A. bahwa Sangiran memberikan gambaran nyata kehidupan purba dengan digambarkan sebagai evolusi lingkungan, manusia, budaya dan fauna. Hal ini menjadi suatu sumbangan dari Sangiran bagi dunia ilmu pengetahuan.

Ratna Sri Pabnglipur, S.S. mengungkapkan pengakuan UNESCO pada Sangiran sebagai warisan budaya dunia merupakan suatu perjalanan panjang. Keistimewaan Sangiran tidak dimiliki setiap situs warisan budaya dunia lainnya. Sangiran hidup ditengah-tengah masyarakat, dengan berbagai latar belakang budaya, karakter dn kepribadian masyarakat yang beraneka ragam. Untuk hidup dan berkembang BPSMP Sangiran sebagai pengelola Situs Sangiran berupaya merangkul masyarakat dalam setiap gerak dan langkah yang dilakukan.

Situs Sangiran yang berada ditengah pemukiman masyarakat masih terus berbenah, merangkul masyarakat dalam langkah ke depan. Selangkah demi selangkah perjalanan ini merupakan upaya dan kerja keras dalam memajukan Situs Sangiran sebagai warisan budaya dunia. Tepat di Hari Situs Warisan Dunia, BPSMP Sangiran selaku pegelola Situs Sangiran terus melangkah dan berbenah melestarikan Situs Sangiran sekaligus merangkul masyarakat yang hidup dalam Situs Sangiran untuk bersama-sama melestarikan Situs Sangiran. Situs Sangiran bukan hanya bagi masyarakat local saja tetapi juga bagi dunia. (Wiwit Hermanto)