Sosialisasi Program BPSMP Sangiran Melalui Media TV

0
409

TV menjadi salah satu media untuk menyebarkan informasi oleh BPSMP Sangiran. Pada acara pengambilan video untuk program Sinden Menthel TATV dan BPSMP Sangiran, tanggal 17 Juli 2018, tema yang diambil adalah tentang rencana program-program kerja BPSMP Sangiran pada tahun 2018. Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Kepala Subbagian Tata Usaha BPSMP Sangiran, Ratna Sri Panglipur, S.S. dan Kepala Seksi Pemanfaatan BPSMP Sangiran, Iwan Setiawan Bimas, S.S.
Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa Program dan Kegiatan BPSMP Sangiran pada tahun ini merupakan implementasi dari Visi Misi yang telang dicanangkan dalam RENSTRA BPSMP Sangiran. Terwujudnya kelestarian situs manusia purba untuk mencapai tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat merupakan visi yang sejalan dengan visi Kemdikbud. Ada tiga kalimat utama yang dapat digarisbawahi dari pernyataan visi BPSMP Sangiran tersebut, yaitu Kelestarian Situs, Pembangunan, dan Kesejahteraan masyarakat. Kelestarian Situs yang dimaksud adalah terwujudnya pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan situs manusia purba. Pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan seluruh ekosistem kebudayaan dalam arti membangun pengetahuan tentang situs manusia purba dan pembangunan fisik. Sementara itu, Kesejahteraan masyarakat yang dimaksud adalah dengan terwujudnya kelestarian situs manusia purba akan berkorelasi positif terhaddap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.


Program kemitraan dengan masyarakat telah menjadi program dan dilaksanakan pada 2 tahun terakhir. Fasilitasi BPSMP Sangiran untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di Sangiran adalah dengan mempertemukan komunitas dan Pokdarwis Sangiran dengan para praktisi industri wisata berbasis masyarakat dari luar daerah. Ide-ide dan gagasan baru diharapkan bisa memicu kreatifitas masyarakat untuk berkembang.
Pada akhir acara BPSMP Sangiran berharap agar seluruh stakeholder dapat berkoordinasi dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kelestarian Situs Sangiran dalam melalui bidang masing-masing. (ISB)