SMS Merupakan Upaya BPSMP Sangiran Memberikan Edukasi

0
409

Sangiran Masuk Sekolah (SMS) merupakan upaya BPSMP Sangiran memberikan edukasi pengetahuan prasejarah/pra aksara kepada siswa-siswa sekolah dengan metode kelas, pameran mini, dan audio visual.
Koleksi Sangiran dapat menjadi media pembelajaran yang menyentuh langsung pancaindra dan pengalaman siswa. Siswa dapat mengamati, mempelajari bahkan mencocokkan secara langsung apa yang diajarkan guru atau apa yang tertulis di buku pelajaran sekolah dengan bukti konkret peradaban manusia seperti fosil dan artefak. Ini artinya siswa dapat belajar dengan melihat, mendengar, merasakan, memegang dan lain sebagainya.

Hal ini sesuai dengan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013, di mana penerapannya meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring (5M).
Dengan penyajian informasi yang bersifat komunikasi dua arah antara siswa dan edukator BPSMP Sangiran tentang benda koleksi maupun interaksi langsung dengan tim BPSMP Sangiran diharapkan siswa dan guru akan dapat memperoleh dan memahami informasi yang disajikan secara jelas, khususnya terkait ilmu pengetahuan manusia purba dari Situs Sangiran. (ISB)