SMP Stella Duce 2 Yogyakarta ke Sangiran

0
505

Rombongan SMP Stella Duce 2 Yogyakarta berkunjung ke Sangiran pada Hari Peringatan Warisan Dunia, 18 April 2018 untuk melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah. Rombongan ini berjumlah 161 siswa dan 8 orang pendamping. Kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Kunjungan ini mendapat sambutan ramah dengan pemberian materi tentang Sangiran berupa presentasi dan pemutaran film. Selain itu siswa juga diajak diskusi tentang materi yang disampaikan sehingga terjadi komunikasi yang baik antara dua pihak. Materi presentasi yang diberikan disesuaikan dengan usia siswa tingkat SMP sehingga mampu membawa manfaat bagi para siswa pasca kunjungan.


Setelah mendapat materi berupa presentasi dan pemutaran film, rombongan diajak berkeliling Museum Manusia Purba Klaster Krikilan dan Dayu. Dengan menyaksikan koleksi yang dipamerkan di museum, siswa akan lebih mengenal “Kebesaran Sangiran” dan dapat merasakan kehidupan manusia purba serta budayanya yang dikelilingi oleh hewan purba dan semuanya tersaji dengan lengkap melalui lapisan tanah yang ada di Sangiran.
Dengan mengajak siswa belajar langsung di luar kelas, akan memberikan pengetahuan yang dapat menunjang pembelajaran di kelas. Siswa akan mendapat pengetahuan dan diharap dapat menanamkan kebanggaan pada siswa akan kekayaan budaya yang ada disekitarnya. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR