SERAH TERIMA SEBUAH AMANAH DI BPSMP SANGIRAN

0
845

Pagi yang cerah di hari Selasa 19 Januari 2016 di Bumi Sangiran seakan pertanda sebuah masa depan yang cerah bagi BPSMP Sangiran ke depan. Di selasa pagi yang cerah itu terjadi acara serah terima jabatan di BPSMP Sangiran. Serah terima jabatan Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPSMP Sangiran dari pejabat lama Drs. Budhy Sancoyo, M.A. kepada pejabat baru Ratna Sri Panglipur, S.S. serta serah terima jabatan Kepala Seksi Pelindungan BPSMP Sangiran dari pejabat lama Drs. Rusmulia Tjiptadi Hidayat, M.A. kepada pejabat baru Drs. Budhy Sancoyo, M.A. Serah terima jabatan ini disaksikan oleh Direktur PCBM Dr. Harry Widianto, Kadis Budparpora Kabupaten Sragen dan Karanganyar, Kepala BPCB jawa Tengah dan Yogyakarta, Balai Arkeologi Yogyakarta dan Balai konservasi Borobudur di Ruang Teuku Jacob BPSMP Sangiran.

sertijab00001 sertijab00002

Dalam sambutannya, Dr. Harry Widianto Direktur PCBM berpesan untuk terus meningkatkan kinerja. Sejak hamper tiga tahun yang lalu, Sangiran sudah banyak berubah, banyak pegawai baru yang belum saya kenal wajahnya, sudah ijo royo-royo. Pergantian pejabat ini merupakan suatu hal biasa setiap pejabat harus siap dengan pergantian di segala posisi dan segala tempat. Selain itu pergantian menjadi penyegaran bagi pejabat agar terus berkembang inovasi di posisinya.

sertijab (1)

Selanjutnya Direktur PCBM menyebutkan saat masih disini (menjabat Kepala BPSMP Sangiran), sering kali keliling gedung memeriksa semuanya, memeriksa apakah ada yang rusak jika ada kerusakan saya minta segera dibenahi karena tidak ingin koleksi yang ada di ruang pamer sangat berharga tidak boleh rusak hanya karena gedung rusak dan mempengaruhi koleksi didalamnya. Ini tugas Kepala Tata Usaha yang baru dengan bagian kerumah tanggaan, harus mampu mengkoordinir dan mengomandoi stafnya. Tingkatkan prestasi dari sebelumnya dan terima kasih kepada Kepala Tata Usaha yang lama. Pak Rusmulia Kepala Seksi Pelindungan yang lama merupakan orang senior di Sangiran semoga dengan pergantian jabatan ini tidak berhenti memberi sumbangsih bagi kemajuan Sangiran mampu menjadi senior yang berbagi ilmu tentang Sangiran pada karyawan yang muda-muda. Untuk Pak Budhy perlu terus meningkatkan kinerja, harus segera menyesuaikan diri dari jabatan administrasi kembali ke teknis.

Kemudian Drs. Rusmulia Tjiptadi Hidayat, M.Hum Kepala Seksi Pelindungan yang lama dalam sambutannya mengingatkan kembali para hadirin tentang kisah masa lampau saat awal berada di Sangiran. Dahulu Sangiran tidak seperti ini, hanya Bukit Pangonan artinya hanya bukit yang diisi oleh para pengembala kambing untuk angon (mengembala). Setiap hari hanya dikelilingi anak-anak yang sibuk dengan kambing yang digembalanya. Pertama saya menjadi jupel dan kemudian satpam saat itu belum ada kantor seperti saat ini, masih berada di bawah BP3 Jawa Tengah. Melanjutkan kuliah menjadi pilihan saya saat itu dari S1  dan S2 kemudian tahun 2007 dipercaya menjadi Kepala Seksi Pelestarian kala itu. Ini merupakan kehendak Allah, saya senang bisa lepas dari jabatan struktural sehingga berkurang tugasnya. Bagi saya jabatan sebagai Kepala Seksi Pelindungan merupakan sebuah amanah berat dari Allah sehingga Allah pula yang berhak mengambil dan saya tidak keberatan. Bersyukur dan terus berusaha menjadi lebih baik sebagai Hamba Allah menjadi pilihan saya. Terima kasih atas kerja sama segenap pihak dan mohon maaf jika ada kesalahan selama saya menjabat.

sertijab (3)

Pejabat Kepala Seksi Pelindungan yang baru, Drs. Budhy Sancoyo, M.A. dalam sambutannya berterima kasih kepada Dr. Harry Widianto yang telah memberikan berbagai ilmunya saat menjadi Kepala BPSMP Sangiran. Jabatan administrasi sebagai Kepala Tata Usaha merupakan suatu pekerjaan yang berat dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Banyak hal baru yang dipelajari selama menjabat Kepala Tata Usaha. Bagi pejabat baru jika masih ada kekurangan bisa berkoordinasi setiap saat agar dikemudian hari menjadi lebih baik. Kembali ke jabatan teknis setelah beberapa tahun di jabatan administrasi merupakan suatu kerja keras kembali. Mohon bantuan dan dukungan segenap pihak untuk melestarikan Situs Sangiran.

sertijab (2)

Acara serah terima jabatan diakhiri dengan memberi selamat bagi pejabat baru dan ramah tamah. Pergantian jabatan di BPSMP Sangiran merupakan sebuah amanah berat yang penuh onak dan duri sehingga memerlukan dukungan segenap pihak. Semoga dengan pergantian pejabat membawa angin segar bagi kemajuan Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR