Seminar Pra Kajian “Melacak Budaya Pasca Plestosen Di Situs Sangiran Tahap II”

0
485
Pemaparan Kajian Situs Sangiran oleh tim dari Seksi Pengembangan

Mengambil lokasi penelitian di Dusun Jambu, Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, tim dari BPSMP Sangiran melakukan penelitian tahap II. Situs Sangiran dikenal sebagai salah satu situs terpenting di Indonesia untuk merekonstruksi kondisi lingkungan dan budaya Masa Plestosen. Penelitian yang makin intensif di Sangiran untuk mengungkap kehidupan manusia masa lalu kemudian diteruskan oleh peneliti dari dalam maupun luar negeri hingga saat ini.

Kajian awal untuk menelusuri tinggalan pasca Plestosen di Situs Sangiran pertama kali dilakukan oleh BPSMP Sangiran pada tahun 2016. Berdasarkan hasil survey permukaan dan wawancara dengan masyarakat, didapatkan beberapa lokasi di sisi selatan Situs Sangiran yang diduga merupakan lokasi pemukiman pasca Plestosen. Lokasi tersebut diantaranya di Desa Dayu, Desa Krendowahono dan Desa Rejosari.

Pemaparan Kajian Situs Sangiran oleh tim dari Seksi Pengembangan
Diskusi oleh peserta seminar pra kajian

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pengetahuan mengenai budaya dan masyarakatnya pada pasca Plestosen. Penelitian tahap II ini untuk mengetahui jenis-jenis budaya Megalitik yang berkembang di lahan Situs Sangiran di Dusun Jambu, Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Selain itu juga untuk mengetahui kondisi sosial budaya masyarakat pendukung budaya Megalitik yang pernah berkembang di Situs Sangiran khususnya di Dusun Jambu.

Beberapa permasalahan dan tujuan penelitian akan dicoba dijawab dengan pendekatan induktif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey arkeologis, geologis dan ekskavasi. Semua data yang ditemukan dalam proses survey maupun ekskavasi akan dianalisis secara artefaktual dan kontekstual. Hasil analisis kemudian disintesakan dengan memperhatikan hasil penelitian lain dengan tema yang sama. (Duwiningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR