Selanjutnya, House of Sampoerna Menjadi Tujuan Pameran Keliling BPSMP Sangiran

0
50

Salah satu tugas dan fungsi BPSMP Sangiran adalah menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui pameran keliling yang diadakan dibeberapa kota. Pameran keliling pada bulan Oktober ini salah satunya menyasar Kota Surabaya yang mengambil tempat di House of Sampoerna (HoS) yang memiliki komitmen untuk mendukung dan mengapresiasi berbagai karya seni dan budaya dengan berbagai program edukatif. Hal ini selaras dengan tujuan BPSMP Sangiran untuk menyebarkan informasi tentang Sangiran pada masyarakat.
Pada kesempatan ini, BPSMP Sangiran bekerjasama dengan HoS untuk mengedukasi masyarakat dalam pameran yang bertajuk “Evolusi Kita”. Pameran ini rencana dihelat mulai tanggal 24 Oktober hingga 29 November 2018. Dalam pameran ini, BPSMP Sangiran menyajikan materi koleksi berbagai replika tengkorak manusia purba dari Sangiran sendiri dan dari luar. Koleksi replika tengkorak manusia purba dari luar Sangiran seperti dari Trinil, Sambungmacan, dan Semedo guna melengkapi pengetahuan bagi masyarakat. Selain replika tengkorak manusia purba, BPSMP Sangiran juga melengkapi koleksi yang dibawanya dengan budaya yang dihasilkan manusia purba seperti dengan koleksi alat serpih, alat tulang, bola batu, kapak perimbas, kapak penetak, dan kapak genggam.
“Dengan koleksi yang kami bawa, diharap masyarakat dapat mengetahui “kisah masa lalu” manusia purba. Masyarakat bisa menyaksikan langsung bukan hanya melalui buku atau pelajaran di sekolah”, promosi Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kepala Seksi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
“Kisah masa lalu” itu tersaji di HoS yang bisa dinikmati masyarakat yang haus akan informasi prasejarah. Selain koleksi manusia purba dengan budayanya, tersaji juga replika tengkorak manusia modern sehingga masyarakat bisa menyaksikan perbedaannya. Perjalanan hidup manusia dapat dengan singkat disaksikan pada koleksi yang dibawa dalam pameran kali ini.
“Kami sudah menyiapkan suvenir bagi pengunjung yang beruntung, suvenir ini sebagai bukan hanya sebagai hadiah tapi juga untuk sebuah memori yang mengingatkan pada kehadiran BPSMP Sangiran di HoS, ujar Iwan bersemangat.
Koleksi yang dibawa disertai leaflet yang dapat menambah wawasan masyarakat, “Tunggu kami di Surabaya, kami membawa pengetahuan bagi anda”, akhir Iwan. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR