Sangiran Siap Berpartisipasi pada Pameran Warisan Dunia di Surakarta

0
1052

BPSMP Sangiran akan turut berperan serta dalam Pameran Warisan Dunia Jawa Tengah dengan mengambil tema “Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pameran Cagar Budaya”. Pameran ini diadakan di hotel Dana Surakarta mulai tanggal 21-25 Agustus 2017. Pameran ini dibuka untuk umum dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 Wib setiap hari dan pengunjung tidak dipungut biaya apapun (gratis).

Koleksi yang akan dipamerkan BPSMP Sangiran dapat memberi pengetahuan bagi pengunjung. Koleksi yang siap dipamerkan adalah Replika Tengkorak Homo erectus,budaya Homo erectus, fosil fauna dan patung rekonstruksi Homo erectus. Selain koleksi tersebut, Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan menjelaskan, “Kami sudah menyiapkan suvenir menarik, brosur yang mampu memberi pengetahuan, teknologi modern berupa touch screen yang bisa dimanfaatkan pengunjung menggali informasi dan juga pemandu yang siap memberi penjelasan tentang Sangiran”.

Pameran Warisan Dunia yang diikuti BPSMP Sangiran ini diharap memberi pemahaman dan pengetahuan tentang Sangiran. Untuk menambah pemahaman dan pengetahuan tersebut ditambah dengan Bioskop Keliling yang siap memberi hiburan bagi pengunjung. “Bioskop Keliling akan diputar pada tanggal 23 Agustus 2017 pukul 19.00 Wib, ini akan menjadi hiburan lain bagi pengunjung”, tambah Iwan.

Selain oleh BPSMP Sangiran, pameran ini diikuti oleh peserta lain yang memiliki koleksi warisan dunia. Peserta lain tersebut adalah Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, Museum Tosan Aji Purworejo, Museum Wayang Wonogiri dan Museum Batik Pekalongan.

Pameran semacam ini sangat penting untuk mengenalkan museum cagar budaya yang sudah menjadi warisan dunia pada masyarakat. Masyarakat dapat memperoleh wawasan keberadaan museum yang seringkali luput dari perhatian pengunjung dan juga kebanggaan bahwa kekayaan budaya disekitarnya sudah menjadi warisan dunia. (Wiwit Hermanto)