SANGIRAN MENDAPAT KUNJUNGAN TIM RBI KEMENDIKBUD

0
1197

Hari Senin 31 Oktober 2016, BPSMP Sangiran mendapat kunjungan dari Tim Reformasi Birokrasi Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (RBI Kemendikbud). Tim RBI Kemendikbud berkunjung ke BPSMP Sangiran dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan BPSMP Sangiran harus sesuai dengan kebijakan yang telah digariskan.

Reformasi birokrasi yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance, melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar. Perubahan mendasar ini mencakup sistem penyelenggaraan pemerintahan yang menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Dalam reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dan dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan dari reformasi birokrasi adalah untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

Sesuai dengan tujuan reformasi birokrasi tersebut, setiap Lembaga Negara harus ikut merubah diri dengan terobosan, inovasi, kreativitas dan lain-lain. Perubahan tersebut dilakukan juga oleh BPSMP Sangiran, yang dilaporkan oleh Sukronedi, S.Si., M.A. kepada Tim RBI Kemendikbud. Laporan tersebut berupa kegiatan yang dilaksanakan BPSMP Sangiran terkait dengan kebijakan Reformasi Birokrasi.

sangiran-mendapat-kunjungan-rbi

Setelah mendengarkan laporan kinerja BPSMP Sangiran, Tim RBI Kemendikbud memberikan masukan tentang arah kebijakan sesuai dengan Reformasi Birokrasi. Reformasi Birokrasi di Kemendikbud yang diharapkan dapat dilakukan ke depan, adalah agar mengarah pada pembentukan karakter demi pondasi dalam membangun negara. (Wiwit Hermanto)