Sangiran Hadir dengan Informasi dan Pengetahuan di Pacitan

0
1075

“Terima kasih telah hadir di Pacitan”, ucap Indartato selaku Bupati Pacitan sesaat sebelum membuka Pameran Purbakala Sangiran.
Pameran ini berlangsung selama 5 hari bertempat di Gedung Karya Dharma Pacitan. Pameran ini berlangsung sejak hari Senin, 25 hingga 29 November 2019. Pembukaan pameran diawali dengan pengguntingan pita oleh Indartato dengan memanjatkan doa, “Semoga pameran ini berlansung lancar dan sukses, memberi informasi dan pengetahuan bagi masyarakat”.
Setelah pengguntingan pita, Indartato diajak berkeliling dan menyaksikan koleksi yang dipamerkan. “Saat ini, kami dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran membawa koleksi dari Situs Sangiran dan juga koleksi dan informasi dari Situs Punung”, kata Iwan Setiawan Bimas selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran saat mendampingi Indartato menyaksikan pameran.
Pada kesempatan ini, Indartato dijelaskan koleksi dari Situs Sangiran yang dipamerkan. Kehidupan manusia purba dan juga hewan purba dikisahkan melalui koleksi yang dipamerkan.
Kehidupan manusia purba dijelaskan melalui koleksi tengkorak manusia purba beserta budaya yang mereka ciptakan. Selain itu, patung keluarga Homo erectus makin memberikan penjelasan pada pengunjung.


Kehidupan hewan yang ada dan hidup berdampingan dengan manusia purba juga turut dipamerkan. Hewan laut, rawa, dan darat yang dibuktikan dengan temuan fosil memberikan gambaran bagi pengunjung. Berbagai fosil hewan dipamerkan, seperti gigi hiu, molusca yang menunjukkan bukti Sangiran saat menjadi laut. Fosil buaya yang menjadi saksi perubahan Sangiran menjadi lingkungan rawa sebagai saksi kehidupan masa lalu. Fosil gading gajah dan kepala kerbau menjadi bukti saat Sangiran menjadi darat dan mereka hidup dengan makanan yang banyak.
Kehidupan purba di Pacitan juga diketengahkan di pameran ini. “Budaya manusia purba di Pacitan juga turut kami pamerkan disini”, Iwan menjelaskankan.
Mendengar penjelasan tersebut Indartato berkomentar, “Saya pernah kesini, Ke Song Terus dan Song Keplek”, ungkapnya bangga.
“Selain koleksi, kami memberi pengetahuan dan informasi bagi pengunjung melalui film, buku, paper toys, kuis daring, dan juga penjelasan dari pemandu”, jelas Iwan.
“Semoga ini membawa manfaat bagi masyarakat di Pacitan”, harap Indartato setelah berkeliling tempat pameran.
Pameran ini merupakan wujud dari kerjasama antara BPSMP Sangiran dengan pihak Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam hal ini Dinas Pendidikan. Semoga mampu memberi informasi dan pengetahuan bagi masyarakat Pacitan. (Wiwit Hermanto)