SANGIRAN DIDATANGI PARA JUARA

0
700

Pagi hari yang begitu cerah, cuaca Bumi Sangiran begitu sejuk menyapa kedatangan para rombongan dari Lomba Karya Ilmiah Cagar Budaya. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah dengan tujuan lebih mengenalkan Cagar Budaya pada masyarakat. Kedatangan rombongan ini untuk mendapatkan informasi langsung tentang Sangiran sebagai salah satu Cagar Budaya di Jawa Tengah. Sangiran sebagai salah satu Cagar Budaya kebanggaan Jawa Tengah yang patut dijadikan sebuah tulisan dalam karya ilmiah.

para juara

Lomba karya ilmiah ini diikuti oleh juara-juara lomba karya ilmiah tingkat kabupaten, pada kesempatan kali ini terdapat perwakilan setiap kabupaten se-Jawa Tengah ungkap Istiarti seorang penanggung jawab kegiatan ini. Lanjutnya, mereka ini adalah juara-juara yang dikumpulkan guna menghasilkan juara tingkat Propinsi. Kedatangan rombongan ke Bumi Sangiran ini untuk menggali lebih banyak tentang kebesaran Sangiran sebagai salah satu Cagar Budaya kebanggaan Jawa tengah. Kebesaran Sangiran yang ada terepresentasikan di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Sangiran mampu memberi berbagai informasi tentang Sangiran.

Sebagai juara tingkat kabupaten, banyak para peserta yang bertanya dan berdiskusi dengan pemandu. Bertanya tentang berbagai hal yang disajikan di setiap ruang pamer. Pertanyaan yang begitu kritis dan berbobot sering terlontar pada saat berkeliling museum. Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang akan dijadikan mereka sebagai dasar dalam penulisan karya ilmiah Cagar Budaya. Inilah saat Sangiran didatangi para juara, para juara yang tetap santun dalam berkata dan mampu menghargai perbedaan pendapat. (Wiwit Hermanto)