Saat Anak Milenial Bersua Kahoot di Sangiran

0
324

Acara sosialisasi yang diadakan BPSMP Sangiran pada Selasa, 4 Desember 2018 mengundang mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tujuan sosialisasi yang menyasar anak milenial ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang Sangiran.
Anak milenial ini merupakan calon pendidik yang diharapkan ke depan dapat memberikan informasi yang didapat pada generasi penerus. “Rombongan dari UNY ini merupakan anak milenial, calon pendidik yang perlu diberikan informasi tentang Sangiran dan ini ada hubungannya dengan pendidikan mereka. Jadi dirasa sangat tepat mengundang mereka”, jelas Iwan Setiawan Bimas,S.S.
Untuk membuat kegiatan ini makin menarik, panitia sosialisasi mengajak peserta untuk berperan bermain Kahoot. Pertanyaan dari permainan ini seputar Sangiran yang sudah diberikan narasumber. Menyaksikan hal ini, salah seorang dosen terkesan dengan terobosan ini. “Menarik ini, mahasiswa diberikan informasi kemudian di beri pertanyaan melalui Kahoot ini. Sudah datang kemari dengan enak, diberi informasi, masih ditambah diberi hadiah. Kami mendapat banyak dari sini”, seru salah seorang dosen pembimbing.


Peserta sosialisasi ini terlihat begitu berminat mengikuti permainan Kahoot. Berbagai ekspresi gembira dan antusias mengikuti permainan. Dengan bersemangat peserta dengan serius tapi santai memahami pertanyaan dan dengan segera menjawab.
“Wah pertanyaannya diawal mudah tapi kemudian makin sulit”
“Kalau kuliah seperti ini pasti asyik”
“Kalau seperti ini tidak akan buat ngantuk”
Itulah sebagian komentar yang keluar dari peserta. Diakhir sesi permainan, para pemenang diberi hadiah berupa buku berjudul “Katalog Homo erectus”. Sebuah buku penuh informasi yang di “tanamkan” teknologi informasi di dalamnya.
Sebuah sajian informasi yang dibungkus teknologi yang menjadi sangat tepat bagi anak milenial. Anak milenial yang akan bertugas menyampaikan pengetahuan bagi para generasi penerus bangsa