RUMAH JOGLO DENGAN SENTUHAN MATERI LOKAL

0
1088

Pembangunan Sarana Atraksi Wisata Edukasi terus berjalan, seiring dengan berjalannya pembuatan hiasan ukiran bagi Rumah Joglo yang akan berdiri ditengahnya. Ukiran ini dikerjakan oleh perajin lokal di Sentra Industri Mebel dan Batik yang berada di Tempuran, Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Perajin ukir yang mengerjakan hiasan ukiran untuk Rumah Joglo dan limasan yang akan berdiri ditengah Sarana Atraksi Wisata Edukasi di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan adalah Suyono. Suyono mengaku sudah 30 tahun mendedikasikan hidupnya dalam berkarya dalam bidang ukiran dari bahan kayu. Karyanya sudah banyak dikenal diberbagai daerah bukan hanya sekitar Solo saja yang berupa meja, kursi, lemari dan khususnya ukiran untuk rumah joglo dan limasan.

joglo (2)

Ukiran yang sedang dikerjakan tersebut diatas adalah ukiran yang ada pada bagian dinding rumah joglo dan limasan. Dengan pembuatan ukiran yang memanfaatkan materi lokal yang ada di sekitar Sangiran akan meningkatkan materi lokal serta menjadi bagian dari konsep pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat serta bagian keberlanjutan, demikian yang dijelaskan Dody Wiranto, SS, M.Hum Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran. Jadi berdirinya rumah joglo ini tidak hanya sekedar melestarikan salah satu budaya berupa bangunan tradisional Jawa, tetapi juga membawa manfaat positif bagi masyarakat dengan memberdayakan serta meningkatkan ekonomi kreatif yang diharapkan dapat merangsang mereka untuk berkarya sehingga dapat berkelanjutan, ungkap Dody. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR