Relawan Internasional Di Sangiran

0
528

Pelestarian Situs Sangiran memerlukan peran serta setiap pihak, salah satunya adalah generasi muda. Peningkatan kesadaran bagi generasi muda perlu dilakukan agar tergerak dan secara aktif melakukan pelestarian Situs Sangiran sedini mungkin. Guna meningkatkan kesadaran dan mengajak generasi muda berperan dalam upaya pelesatarian Situs Sangiran, Great yang merupakan organisasi kerelawanan internasional di Indonesia melakukan program School Visit.

Kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 29 Agustus 2017 dengan mengambil tempat di SMP 1 Kalijambe dan SMK Kalijambe. Program School Visit ke sekolah itu ditanggapi dengan baik oleh siswa maupun guru yang menantikan informasi dari program-program yang akan diadakan Great. Dalam kesempatan ini, Auvi, Campleader Great mengungkapkan pentingnya peran generasi muda dalam pelestarian Situs Sangiran. “Sebuah kebanggaan tinggal di tengah warisan dunia yang sudah diakui UNESCO. Untuk melestarikannya perlu kerjasama semua pihak dan kedatangan kami kemari adalah mengajak generasi muda untuk berperan serta melestarikan warisan dunia ini”, lanjutnya.

Penjelasan yang diberikan Great maupun relawan luar negeri diharapkan dapat menarik relawan untuk menjadi agen pelestari. Adanya relawan dari mancanegara membuktikan bahwa warga Situs Sangiran dapat lebih berperan dalam ikut mendukung kegiatan pelindungan situs. Pelajar partisipan dari kedua sekolah ini akan menjadi Young Guardian Club of Sangiran. Kerjasama yang apik antara BPSMP Sangiran, Great, Sekolah dan terutama siswanya memberikan masa depan yang cerah bagi upaya pelindungan warisan dunia ini. (Wiwit Hermanto)