Perwakilan Siswa SMP Negeri 2 Plupuh Mendapat Sebuah Kesempatan Langka

0
1053
Kesempatan Langka

Acara Sosialisasi dan Penyebaran Informasi yang diadakan hari Selasa 14 Maret 2017 yang bertempat di BPSMP Sangiran dengan perwakilan siswa SMP Negeri 2 Plupuh mendapat sebuah kesempatan langka. Kesempatan langka ini adalah dengan menyaksikan langsung aktivitas di yang dilakukan pada laboratorium dan storage.

Di laboratorium perwakilan siswa mendapat penjelasan mendalam tentang tugas yang dilakukan dalam melindungi temuan fosil dari kerapuhan. Upaya melindungi temuan fosil ini memerlukan kerja keras karena tidak semua temuan fosil yang masuk ke laboratorium dalam ke adaan kuat dan utuh, sering kali temuan fosil rapuh dan terpotong-potong menjadi beberapa bagian. Berbagai upaya dilakukan untuk melindunginya dari pelapukan dan kerusakan.

Kesempatan Langka

Selain berkesempatan menyaksikan aktivitas di laboratorium, perwakilan siswa SMP Negeri 2 Plupuh juga menyaksikan koleksi yang ada di storage. Di storage para siswa ini diberi penjelasan tentang koleksi yang ada di storage serta bagaimana koleksi diinventaris dan diregistrasi selain juga dikelompokkan tempat meletakkannya. Dengan cara yang baik dan teratur, koleksi akan mudah jika akan dicari atau akan digunakan untuk kegiatan lain.

Kesempatan Langka

Dengan informasi yang disampaikan oleh narasumber, siswa diharapkan dapat paham tentang Sangiran. Menyaksikan langsung kegiatan di laboratorium dan storage akan membuat siswa makin mampu menyelami upaya pelestarian Situs Sangiran yang dilakukan BPSMP Sangiran. Siswa SMP Negeri 2 Plupuh yang merupakan bagian dari generasi muda yang ada di Situs Sangiran diharapkan mampu berperan serta dalam upaya pelestarian Situs Sangiran, kebanggaan budaya bangsa yang dimiliki Indonesia. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR