Peringatan Hari Purbakala oleh BPSMP Sangiran

0
63

Hari Purbakala yang diperingati setiap tanggal 14 Juni merupakan peristiwa penting tonggak bersejarah didirikannya Oudheidkundige Diens (Dinas Purbakala) pada 14 Juni 1913 oleh Pemerintah Hindia-Belanda, untuk mengerjakan dua fungsi sekaligus, ialah fungsi pelestarian peninggalan purbakala dan fungsi penelitian arkeologi.

BPSMP Sangiran turut memperingati Hari Purbakala ke 109 pada tahun 2022. Rangkaian kegiatan dilakukan antara lain upacara peringatan, lomba baca puisi untuk pegawai, hingga kegiatan bersih-bersih lingkungan Situs dan Museum.

Kegiatan diawali dengan Upacara Peringatan Hari Purbakala yang dilaksanakan di salah satu Klaster Museum Situs Manusia Purba Sangiran yaitu Museum Sangiran Klaster Bukuran pada Selasa, 14 Juni 2022. Kegiatan lomba baca puisi dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 yang diikuti perwakilan pegawai tiap klaster museum. Sedangkan kegiatan bersih-bersih lingkungan Situs dilakukan pada Jumat, 17 Juni 2022 di 5 klaster Museum Sangiran dan sekitarnya.

Tidak hanya melaksanakan kegiatan secara internal, BPSMP Sangiran juga mendukung kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat dalam memperingati Hari Purbakala. Semisal kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Manyarejo, yang mengadakan beberapa agenda antara lain festival Hari Lingkungan hidup, Kirab budaya, upacara peringatan Hari Purbakala oleh masyarakat, dan penanaman pohon, yang menunjukkan bentuk apresiasi dan tanggungjawab masyarakat dalam pelestarian Situs Sangiran.(RSP)