PENYULUHAN DEMI KESELAMATAN PENGUNJUNG

0
931

Selasa, 22 September 2015 di Ruang T. Jacob BPSMP Sangiran kedatangan tamu cantik. Tamu cantik ini berasal dari Puskesmas Kalijambe dan dokter muda Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang memberikan penyuluhan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Acara penyuluhan berjalan santai dengan diselingi guyonan yang mengakrabkan suasana sehingga materi penyuluhan dapat dipahami dengan jelas. Acara ini diikuti oleh pegawai BPSMP Sangiran serta pegawai Pemda Sragen yang bertugas di Museum Sangiran. Penyuluhan ini diberikan dengan melihat semakin meningkatnya kunjungan ke Museum Sangiran dan juga kondisi museum yang memiliki banyak anak tangga memunculkan kekhawatiran akan terjadinya hal-hal yang tidak diingini.

Narasumber memberi materi teori pada peserta
Narasumber memberi materi teori pada peserta

Materi teori yang diberikan dilanjutkan dengan praktek pertolongan pertama pada kecelakaan. Materi praktek ini dilaksanakan dengan santai serta terjadi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Peserta merasa pengetahuan ini sangat penting dalam menjalankan tugas sehari-hari yang dihadapkan dengan semakin meningkatnya kunjungan. Dalam tanya jawab peserta banyak menanyakan tentang apa yang harus dilakukan pada korban, etika pertolongan serta resiko yang terjadi dalam pertolongan pertama.

Seorang nara sumber memberikan praktek
Seorang nara sumber memberikan praktek

Acara diakhir dengan pemberian kenang-kenangan berupa banner tentang ajakan menjaga kebersihan. Banner ini diharap diletakkan didepan pintu masuk museum sehingga dapat dilihat pengunjung. (wiwit hermanto)

penyuluhan00001