Penyampaian Informasi dan Koordinasi di Sidomulyo

0
322

Informasi tentang Sangiran pada masyarakat yang bertempat tinggal di dalam Situs Sangiran sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dilakukan BPSMP Sangiran adalah melalui pemutaran film melalui Bioskop Keliling (Bioling) yang secara rutin dilaksanakan melalui Seksi Pemanfaatan
Sasaran bioling berikutnya direncanakan menyasar masyarakat Dusun Sidomulyo, Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Lokasi ini merupakan salah satu Desa yang masuk dalam Situs Sangiran. Lokasi pemutaran Bioling tidak jauh dari Museum Manusia Purba Klaster Dayu, tepatnya di halaman rumah Kepala Dusun (Bayan) Satimin.
“Silahkan kalau Bioling mau diputar di sini, ini menjadi kebahagiaan bagi saya secara pribadi dan menjadi anugerah bagi warga saya. Berkumpul dan menyaksikan film yang diputar akan mendekatkan mereka, ini bisa disaksikan beberapa dusun sekitar” jelasnya.
Dusun ini berlokasi di tengah Situs Sangiran tapi penduduknya masih memiliki informasi yang sedikit tentang Sangiran. Selain itu, masyarakat memerlukan informasi tentang apa yang dapat mereka lakukan dalam mendukung upaya pelestarian Situs Sangiran. Supardi,salah satu tokoh masyarakat menyatakan bahwa masyarakat memerlukan informasi tentang Sangiran.
“Sudah pernah ada sosialisasi beberapa kali di desa tapi karena keterbatasan undangan, tidak banyak yang diundang dan informasi yang didapat juga terbatas”, terangnya.
Selain informasi, masyarakat memerlukan hiburan yang informatif sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan mereka.” Dengan Bioling saya yakin informasinya lebih mudah dipahami, semoga film-film tentang Sangiran yang diputarkan banyak sehingga dapat jadi informasi bagi masyarakat”, tambah Supardi.

Dengan latar belakang tersebut, tim Bioling berkoordinasi dengan tokoh masyarakat Dusun Sidomulyo guna merencanakan pemutaran bioling serta membicarakan teknis penyebaran informasi jika Bioling jadi diputar di Sidomulyo. Dalam koordinasi, disepakati calon lokasi pemutaran bioling di tengah pemukiman masyarakat, mudah diakses, disepakati oleh masyarakat sekitar, menanggapi respon masyarakat sekitar, dan perencanaan waktu pemutaran Bioling.
Informasi melalui film yang diputar melalui bioling merupakan film singkat tentang Sangiran yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini selaras dengan kebutuhan masyarakat Sidomulyo yang haus informasi. Melalui bioling, diharap membawa tambahan informasi, wawasan, dan kebahagian bagi masyarakat Sidomulyo dan sekitarnya. (Wiwit Hermanto)