Pengelolaan Informasi Situs Manusia Purba Sangiran

0
1584

Situs Sangiran adalah sebuah situs paleoantropologi terlengkap di Indonesia yang memiliki potensi besar sehingga diakui dan ditetapkan UNESCO. Pengakuan dan penetapan Situs Sangiran sebagai Situs Warisan Dunia sejak 5 Desember 1996 dengan Nomor 593.

Kekayaan tinggalan masa lalu Situs Sangiran dikenal tidak hanya menyimpan kekayaan arkeologis saja tetapi juga menyimpan potensi budaya dan masyarakat yang tinggal didalamnya. Untuk melestarikan kekayaan tersebut diperlukan berbagai upaya, salah satunya adalah penyampaian pesan-pesan informasi Situs Sangiran kepada masyarakat dengan pengelolaan informasi Situs Sangiran.

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan informasi Situs Sangiran adalah komunikasi. Komunikasi mencakup kegiatan penyebarluasan hasil kegiatan pelestarian berupa pengetahuan dan pengalaman lewat berbagai bentuk saluran informasi. Dalam buku ini, dijelaskan berbagai upaya penyebaran informasi yang terbagi dalam tema:

  1. Pendahuluan
  1. Sosialisasi
  1. Pemberdayaan Masyarakat
  1. Pameran
  1. Teknologi Informasi
  1. Layanan Kunjungan

Pengelolaan informasi yang baik akan memberi infomasi kepada publik akan keberadaan Situs beserta Museum Sangiran. Informasi menjadi bagian penting agar publik memahami informasi yang ada di Situs dan Museum Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR