PENCERAHAN DI KAMPUS FAKULTAS TEKNIK UNDIP

0
897

Acara sosialisasi dan penyebaran informasi yang diawali dengan penandatanganan MoU antara BPSMP Sangiran dengan Fakultas Teknik Undip menyelipkan sebuah pencerahan bagi peserta. Pencerahan itu diberikan oleh Drs. M. Hidayat yang menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta yang menanyakan tentang asal-usul manusia.

pencerahan

Dengan lugas Hidayat menjelaskan seperti di sebuah lagu yang dikenal saat masih kecil dan masih terngiang hingga saat ini bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut. Hal ini jika ditelaah secara ilmiah bahwa Homo erectus (manusia purba) sudah punah dan tidak menurunkan kita.

Hal ini seusai dengan disertasi Dr. Harry Widianto yang meneliti dari 125 bagian Homo erectus yang diteliti, hanya 5% yang sama dengan Homo sapiens. Homo erectus telah punah kemudian baru muncul Homo sapiens. Hal ini dijelaskan lagi dalam teori Out of Taiwan maupun teori Out of Africa.

Teori Out of Taiwan menyatakan bahwa nenek moyang kita berasal dari Taiwan yang kemudian menurunkan kita. Teori lain yaitu teori Out of Africa menyatakan bahwa manusia baru berasal dari Afrika yang kemudian ke Taiwan baru kemudian ke Indonesia. Dengan teori tersebut dapat dijelaskan tentang asal-usul kita bukan dari manusia purba. (Wiwit Hermanto)