Home Artikel Optimalisasi Penyerapan Ilmu Pengetahuan dalam Situs Sangiran berbasis Fun Learning

Optimalisasi Penyerapan Ilmu Pengetahuan dalam Situs Sangiran berbasis Fun Learning

0
Optimalisasi Penyerapan Ilmu Pengetahuan dalam Situs Sangiran berbasis Fun Learning

Museum Manusia Purba Sangiran menampilkan informasi mengenai potensi Situs Sangiran. Museum Sangiran bersifat “scientific-cultural” didukung dengan fasilitas-fasilitas terbaik sebagai pusat informasi potensi dan nilai penting Situs Sangiran sebagai warisan dunia. Warisan Dunia (World Heritage) adalah peninggalan dari masa lampau di seluruh penjuru bumi yang kita saksikan hari ini untuk diwariskan pada anak-cucu kita di masa depan sebagai kekayaan yang tak tergantikan.

Museum Manusia Purba Sangiran menerapkan teknologi sebagai sarana dalam penyampaian informasi kepada pengunjung museum, dengan menggunakan teknologi multitouch yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan informasi mengenai pengenalan Situs Manusia Purba yang memungkinkan adanya interaksi antara pengunjung dengan sistem tersebut. Dalam hal ini pengunjung yang berinteraksi langsung dengan sistem bisa beberapa orang sekaligus yang menjadikan alat ini lebih menarik dan pengunjung pun dapat menerima informasi yang disampaikan melalui alat ini.

Museum Manusia Purba Sangiran hampir setiap harinya didatangi oleh pengunjung, baik itu pelajar ataupun umum. Tidak jarang pula dikunjungi oleh turis asing yang sedang liburan. Biasanya sekolah-sekolah mempunyai jadwal kunjungan untuk setiap tahunnya. Saat melakukan kunjungan, ternyata banyak pelajar terutama anak-anak sekolah dasar yang sulit untuk memahami informasi yang disampaikan oleh pemandu museum ataupun materi tertulis yang berada di Sangiran. Mereka merasa malas untuk mendengarkan penjelasan dan juga kurang tertarik untuk membaca tulisan panjang mengenai benda temuan, seperti fosil di Museum Manusia Purba Sangiran.

Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibutuhkan media pembelajaran dimana dapat membantu para pelajar dalam memahami informasi mengenai kehidupan zaman lampau di Museum Manusia Purba Sangiran. Oleh karena itu, pada laporan ini akan dibuat suatu media pembelajaran yang dituangkan ke dalam judul “Optimalisasi Penyerapan Ilmu Pengetahuan dalam Situs Sangiran berbasis Fun Learning.” (Windi Wahyu Oktaviani, Novita Listiyowati, Risna Trianisa Cahyaningsih)

Selengkapnya silahkan klik disini