MODERNITAS DITENGAH PEDESAAN BAGIAN VII (KIPRAH PARA PENELITI)

0
698

modernitas ditengah pedesaan (17)

Desa Manyarejo yang merupakan salah satu desa di Situs Sangiran memiliki banyak potensi arkeologi yang tersimpan didalam tanah. Hal ini membuat Puslit Arkenas (Pusat Penelitian arkeologi Nasional) sejak tahun 2010 melirik desa ini untuk menjadi tujuan penelitian. Desa ini menjadi tempat penelitian oleh Puslit Arkenas-lembaga ini yang sudah beberapa kali berganti nama- untuk tempat penelitian guna mendapat informasi tentang Situs Sangiran. Banyak peneliti yang memilih melakukan penelitian di Desa Manyarejo.

Kiprah para peneliti dari Puslit Arkenas ini dikenang di sebuah display di ruang pamer yang ada di Museum Lapangan Manyarejo. Penelitian yang menghasilkan banyak informasi baru tentang Situs Sangiran sehingga pantas untuk dihargai dengan memajang kiprah lembaga ini sehingga pengunjung dapat mengetahuinya. Kiprah yang dari tahun ke tahun memperkaya informasi tentang Situs Sangiran dan juga banyak menghasilkan peneliti-peneliti muda. Peneliti yang awalnya berkiprah dalam penelitian di Manyarejo.

Penjelasan dengan media touchscreen menjadikan sisi modernitas dimanfaatkan pada display tentang kiprah Puslit Arkenas di Sangiran ini. Penelitian yang sudah dilakukan di Desa Manyarejo menjadi suatu yang istimewa bagi mereka, para peneliti. Dr. Harry Truman Simanjuntak, peneliti dari Puslit Arkenas menceritakan pengalamannya selama meneliti di Manyarejo. Berbagai topic diceritakan khusus bagi para pengunjung museum ini. Informasi yang sangat menarik yang mudah dipahami pengunjung, mulai dari antusiasme masyarakat dalam menyambut para peneliti, kisah awal meneliti di Manyarejo yang awalnya secara tidak sengaja dan tidak terencana tetapi menghasilkan banyak informasi baru, potensi tersembunyi yang dimiliki di Desa Manyarejo sehingga menarik para peneliti untuk meneliti di desa ini serta menariknya Manyarejo dihadapan peneliti serta perubahan perilaku masyarakat Manyarejo dalam upaya  pelestarian Situs Sangiran.

modernitas ditengah pedesaan (6) modernitas ditengah pedesaan (4)

Sajian kiprah Puslit Arkenas dalam paya menggali informasi baru di Desa Manyarejo yang patut menambah pengetahuan pengunjung. Sebuah kisah penelitian yang disajikan secara singkat dan mudah dipahami tetapi mengandung berjuta pengetahuan yang wajib di ketahui. Sejarah masa lalu yang disajikan dan memanjakan bagi pengunjung. (Wiwit Hermanto)

Modernitas ditengah pedesaan bagian I

Modernitas ditengah pedesaan bagian II

Modernitas ditengah pedesaan bagian III

Modernitas ditengah pedesaan bagian IV

Modernitas ditengah pedesaan bagian V

Modernitas ditengah pedesaan bagian VI

Modernitas ditengah pedesaan bagian VII

Modernitas ditengah pedesaan bagian VIII

Modernitas ditengah pedesaan bagian IX

Modernitas ditengah pedesaan bagian X

Modernitas ditengah pedesaan bagian XI

Modernitas ditengah pedesaan bagian XII

TINGGALKAN KOMENTAR