Menyebarkan Informasi dan Mengedukasi melalui Terbitan Buku

0
104

Menyebarkan informasi nilai penting Situs Sangiran merupakan kewajiban yang dilaksanakan BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. Salah satu cara menyebarkan informasi itu adalah melalui terbitan buku yang secara berkala dilakukan guna menyebarkan informasi sekaligus mengedukasi masyarakat.
“Salah satu yang akan kami terbitkan tahun ini adalah Katalog Museum Manusia Purba Klaster Bukuran. Melalui katalog ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang koleksi yang ada di Museum Manusia Purba Klaster Bukuran”, jelas Iwan Setiawan Bimas selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
Museum Manusia Purba Klaster Bukuran yang mengangkat tema Evolusi Makhluk Hidup menjadi sebuah informasi yang menarik bagi berbagai kalangan masyarakat terutama akademisi. Melalui museum ini, diharapkan informasi dapat tersampaikan pada masyarakat. Dapat sebagai pusat informasi bagi perkembangan ilmu pengetahuan sekaligus sebagai tempat wisata.
Melalui katalog yang disusun ini, diharap mampu sebagai publikasi sekaligus edukasi pada masyarakat yang belum sempat berkunjung ke museum. “Tim penyusun sedang berusaha mengumpulkan informasi dalam proses menyusun katalog ini”, imbuh Iwan.
Proses penyusunan katalog ini terus diupayakan segera tersusun. Tim penyusun dengan pengalaman menyusun katalog Museum Manusia Purba Klaster Krikilan, Ngebung, dan Dayu berupaya untuk memberi informasi yang mampu menjadi pencerah bagi pembacanya.
“Katalog baru dalam proses, tim penyusun terus bergerak mengumpulkan informasi dan menyusun katalog. Semoga ke depan segera tersusun dan dapat terdistribusikan pada masyarakat”, janji Iwan.
Pandemi Covid-19 ini sedikit mengubah jadwal penyusunan katalog ini. Dalam kondisi seperti ini tim penyusun terus bekerja keras menyelesaikan katalog. “Segera akan diselesaikan dan akan didistribusikan secara gratis pada masyarakat. Tapi perlu diingat bagi yang mendapatkan terbitan kami, seluruh terbitan yang kami keluarkan diberi secara gratis dan yang mendapatkan jangan menjualbelikannya”, pungkas Iwan.
Terbitan buku merupakan salah satu cara menyebarkan informasi sekaligus mengedukasi masyarakat. Semoga menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi masyarakat. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR