Menyampaikan Informasi tentang Sangiran Melalui Media Sosial Sangirankita

0
134

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMP Sangiran) turut memeriahkan Pameran Kampung Purba tanggal 12-24 September 2022. Pameran Kampung Purba yang mengambil tema “Jejak Peradaban Prasejarah di Nusantara” mengambil tempat di De Tjolomadoe, tepatnya di gedung Stasiun Ketelan Tjolomadoe.
Untuk menyampaikan informasi pameran ini, BPSMP Sangiran memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara. Media sosial resmi BPSMP Sangiran memanfaatkan platform instagram, facebook, dan youtube sangirankita.
Penyampaian informasi melalui media sosial resmi BPSMP Sangiran terbukti mampu menjadi sarana penyampai informasi khususnya bagi kaum milenial yang memang sangat menggandrungi media sosial. Kristiana merupakan salah satu pengunjung yang mengetahui Pameran Kampung Purba yang mengambil tema “Jejak Peradaban Prasejarah di Nusantara” yang disampaikan melalui media sosial resmi BPSMP Sangiran. Kristiana mengaku, “Saya tahu ada pameran disini melalui instagram sangirankita”, serunya.
Kristiana mengaku baru saja lulus dari Universitas Sebelas Maret (UNS) jurusan Bimbingan Konseling. Menyukai budaya dan selalu datang saat dikampusnya mengadakan pameran tiap tahun. “Biasanya di kampus ada pameran MGtC tapi karena covid pameran sudah 2 tahun ditiadakan”, sesalnya.
Pemanfaatan media sosial merupakan cara ampuh untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terutama milenial sebagai target utama. Media sosial resmi BPSMP Sangiran menjadi salah satu media menyampaikan informasi. Informasi Pameran Kampung Purba melalui sangirankita mampu mendongkrak pengunjung dari kalangan milenial.
Kristiana merupakan salah satu bukti, milenial dapat dengan cepat menyerap informasi melalui media sosial.
Pameran Kampung Purba, menjadi salah satu sarana BPSMP Sangiran menyampaikan informasi melalui koleksi yang dipamerkan dan juga pendukungnya seperti berbagai judul buku yang siap dibagi secara gratis pada pengunjung.
Kristiana telah membuktikan bahwa mengikuti sangirankita, dia mendapat informasi dan pengalaman. Informasi pameran didapatkan dari sangirankita kemudian dia berkunjung dan mendapatkan buku-buku terbitan BPSMP Sangiran.
“Senang bisa berjumpa dengan admin sangirankita”, serunya tanpa bisa menyembunyikan kebahagiaannya.
“Terima kasih bukunya, terima kasih bisa berjumpa admin sangirankita, dan terima kasih atas pengalamannya”, pungkasnya.
Ikuti media sosial resmi BPSMP Sangiran, dapatkan informasi yang berharga. Pengalaman Kristiana dapat menjadi pembelajaran bagaimana memanfaatkan media sosial secara positif. (Wiwit Hermanto)