Menikmati Malam Minggu di Punden Tingkir

0
696

Hari Sabtu, 21 September 2019, BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan memutar film pada program bioskop keliling (Bioling). Selain menjadi kegiatan rutin untuk memberi informasi kepada masyarakat, kegiatan kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan Punden Tingkir sebagai wisata alternatif yang lokasinya tidak jauh dari Museum Manusia Purba Sangiran klater Krikilan.
Dalam sambutannya, Bheti Setia Adhi, S.Pd. selaku Ketua Forum Remaja Sangiran (Forsa) yang mengelola Punden Tingkir mengungkapkan, “Bioling kali ini dilaksanakan di Punden Tingkir untuk memberi informasi tentang Sangiran pada masyarakat dan juga untuk memperkenalkan Punden Tingkir. Bioling ini kerjasama antara BPSMP Sangiran dengan Forsa”, jelasnya.
Kegiatan bioling ini merupakan kerjasama antara BPSMP Sangiran guna memberikan informasi tentang Sangiran pada masyarakat. Punden Tingkir yang merupakan sebuah tempat wisata alternatif memerlukan promosi pada masyarakat dan BPSMP Sangiran berusaha memberi dukungan.
Terpisah Iwan Setiawan Bimas, S.S selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran mengungkapkan, “Kami mendukung masyarakat yang berusaha memanfaatkan Situs Sangiran utk kepentingan wisata dengan tidak meninggalkan pelestarian Situs Sangiran. Forsa telah berusaha berbenah dan mengembangkan Punden Tingkir sebagai tempat wisata yang juga berusaha melestarikan Situs Sangiran”.
Dengan kegiatan Bioling di Punden Tingkir, BPSMP Sangiran mendapatkan keuntungan ganda. Memberi informasi bagi masyarakat tentang Sangiran serta memperkenalkan Punden Tingkir.
Penonton yang hadir melebihi perkiraan semula. Dari anak hingga dewasa menyaksikan bioling ini, yang diakui pengelola Punden Tingkir tidak menyangka antusias masyarakat yang demikian besar.
Aris Rustioko selaku Sekertaris Desa Krikilan yang menghadiri kegiatan bioling mengaku, “Penonton makin malam makin banyak, saya tidak menyangka sedemikian banyak. Masyarakat diberitahu ada bioling dan mereka ternyata antusias, semoga demikian juga perkembangan Punden Tingkir, masyarakat memberi dukungan”.
“Malam minggu ini tidak biasa, malam ini Punden Tingkir kedatangan bioling yang bisa dinikmati masyarakat”, tutur Bheti.
Punden Tingkir yang diharapkan menjadi wisata alternatif memerlukan dukungan masyarakat. Perhatian itu menjadi awal untuk memajukan Punden Tingkir. Diharapkan Punden Tingkir menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Menjadi “sumber air” bagi masyarakat tanpa melupakan pelestarian Situs Sangiran. (Wiwit Hermanto)