Mendidik Melalui Bioling

0
796

Bioskop Keliling (Bioling) kembali diadakan dengan mengambil tempat di Desa Brangkal, Gemolong, Sragen. Bioling di Desa Brangkal ini mendapat dukungan penuh oleh Suratmin selaku Kepala Desa Brangkal.
Sejak awal koordinasi rencana pemutaran Bioling di Desa Brangkal, Suratmin begitu antusias dan mendukung penuh. Dukungan ini tak lepas dari perlunya informasi bagi warga Desa Brangkal yang belum banyak mengetahui tentang Sangiran. “Desa kami termasuk dalam Situs Sangiran tapi sayangnya mereka belum banyak informasi tentang Sangiran. Dengan diadakan bioling disini, saya sangat berharap pihak BPSMP mampu memberi informasi melalui film tentang Sangiran. Saya mendukung dan siap membantu. Saya ingin bioling diputar malam minggu yang menjadi waktu luang warga sehingga mereka beramai-ramai nonton” ungkapnya.
Dukungan penuh dari Suratmin selaku Kepala Desa Brangkal dibuktikan dengan pemilihan beberapa calon lokasi pemutaran bioling. “Soal lokasi pemutaran bioling akan saya bahas dengan tokoh masyarakat lainnya, pada dasarnya saya sangat setuju bioling akan hadir di desa ini”, pungkasnya saat koordinasi sebelum pelaksanaan bioling di Desa Brangkal.


Tepat pada hari Sabtu, 5 Mei 2018, pemutaran bioling dilaksanakan bertempat di halaman rumah Bapak Laseman yang merupakan Ketua RT 3 Dusun Cikalan, Brangkal, Gemolong. Hari Pendidikan Nasional 2 Mei sudah lewat tapi aura mendidik warga masih terus bergelora. Mendidik warga Desa Brangkal melalui film-film yang diputar Bioling. Mendidik warga agar dapat mengenal dan kemudian mencintai Sangiran. (Wiwit Hermanto)