MENCINTAI CAGAR BUDAYA MELALUI PUZZLE

0
1032

Untuk menarik minat masyarakat mencintai warisan dunia Situs Manusia Purba, ada berbagai cara yang dilakukan BPSMP Sangiran. Salah satu cara tersebut adalah dengan mengajak kalangan anak-anak untuk aktif menyerap informasi dengan menyusun puzzle. Di PPBI 2016 yang diikuti BPSMP Sangiran, puzzle merupakan salah satu cara yang mampu mengundang anak-anak untuk menyerap pengetahuan sekaligus bermain.

Pengetahuan melalui puzzle sangat diminati anak-anak tingkat SD hingga SMA yang berusaha menyusun puzzle dengan berkelompok. Terlihat sekelompok anak berkelompok menyusun puzzle dengan perlahan sambil menyerap informasi melalui puzzle yang disusun. Minat pengunjung cukup tinggi, dan menjadi bukti bahwa penyebaran informasi dapat dibuat dengan media permainan yang menyenangkan. Anak akan lebih dapat menyerap dan menyukai Cagar Budaya dengan cara yang menarik.

 mencintai-cb-melalui-puzzle-4 mencintai-cb-melalui-puzzle-5

Selain digemari anak tingkat SD hingga SMA, permainan menyusun puzzle juga digemari oleh anak-anak kecil yang dibimbing orang tuanya. Dengan menyusun puzzle ini orang tua dapat membimbing anak mereka sekaligus memberi pengetahuan tentang Sangiran.

mencintai-cb-melalui-puzzle-3

Inovasi dalam penyebaran informasi tentang Sangiran harus dikembangkan lebih atraktif  agar minat masyarakat terutama yang berusia dini untuk mencintai cagar budaya semakin tinggi. Pengetahuan mengenai Cagar Budaya lebih membekas karena mereka mempunyai pengalaman kunjungan yang menyenangkan.(Wiwit Hermanto)